Jakarta (ANTARA) - Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyampaikan transaksi di e-commerce UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dari 9-15 Desember mencapai Rp8,1miliar.

“Peningkatannya sangat luar biasa dibandingkan tahun lalu di mana selama periode sebulan penuh itu hanya mendapatkan Rp3,1 miliar,” kata Amam dalam Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 secara daring, Kamis.

Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi tersebut, Amam optimistis nilai transaksi di e-commerce akan mencapai Rp10 miliar hingga batas akhir expo pada 31 Desember 2021.

Tak hanya itu, nilai business matching UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sebagai wadah transaksi dengna calon pembeli dari luar negeri juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Selama 3 hari pelaksanaan, nilai transaksi business matching mencapai 72,13 juta dolar AS dan melebihi target awal 65 juta dolar AS. Transaksi tersebut berasal dari 110 buyer dari 31 negara.

“Ini menunjukkan bahwa minat kepada produk produk UMKM Indonesia masih tinggi di pasar global dan UMKM kita memproduksi barang yang sesuai dengan minat dari pasar global juga semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut Amam mengatakan tingginya capaian UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 menunjukkan bahwa di masa pandemi, UMKM tetap tangguh bangkit dan berperan untuk lebih kreatif dan ,ampu menampilkan produknya secara lebih menarik melalui karya baru yang inovatif.

“Ke depan Bank BRI akan tetap kembali untuk menggelar acara yang sama dengan menargetkan lebih banyak UMK lokal yang terlibat dan juga lebih banyak buyer yang datang,” ungkapnya.

Adapun UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 merupakan penyelenggaraan tahun ketiga. Penyelenggaraan pada tahun ini, diikuti oleh 500 UMK yang berasal dari 173 kab/kota dan diselenggarakan dengan virtual melalui webiste www.brilianpreneur.com hingga 31 Desember 2021.

Gelaran tersebut dimaksudkan sebagai momentum bagi UMKM Indonesia untuk bertahan, bangkit, membuat formasi baru untuk menjawab tantangan yang ada serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: BRI luncurkan UnhasPay, aplikasi transaksi digital PT pertama

Baca juga: BRI selenggarakan EXPO(RT) BRILIANPRENEUR agar UMKM tembus global


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021