Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua fokus pada pemulihan ekonomi masyarakat dapat pembangunan daerah di 2022.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Ridwan Rumasukun di Jayapura, Kamis, mengatakan dalam memprioritas pembangunan daerah, pihaknya juga fokus dalam jaminan kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.
 
"Unsur utama dalam program pembangunan daerah 2022 itu di antaranya peningkatan akses kualitas dan kuantitas pelayanan pendidikan serta kesehatan, juga penguatan stabilitas keamanan dan demokrasi," katanya.
 
Menurut Ridwan, pihaknya juga akan mengoptimalkan nilai tambah komoditas luar sektor tambang, penguatan tata kelola pemerintahan dan kapasitas Orang Asli Papua dalam memanfaatkan peluang ekonomi, pemanfaatan infrastruktur dasar, konektifitas teknologi dan informatika.
 
"Kami akan meminimalkan tingkat kerentanan bencana dan peningkatan kualitas lingkungan hidup," ujarnya.
 
Arah kebijakan dan prioritas daerah Provinsi Papua 2022 telah dijabarkan dalam program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah.
 
"Di mana pelaksanaan pembangunan daerah 2022 merupakan implementasi RPJMD Provinsi Papua tahun 2018-2023 tahap keempat," katanya lagi.
 
Prioritas pembangunan 2022 ini dalam rangka pencapaian visi dan misi pembangunan daerah yang dijabarkan dalam tujuan serta sasaran pembangunan daerah.
Baca juga: BI pastikan pertumbuhan ekonomi Papua Barat 2021 membaik
Baca juga: KSP: Kelas menengah dioptimalkan jadi penggerak ekonomi Papua

Baca juga: Pemprov Papua tingkatkan vaksinasi antisipasi varian baru COVID-19
 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021