43 Museum Meriahkan Hari Museum Sedunia

43 Museum Meriahkan Hari Museum Sedunia

Pengunjung mengamati koleksi di stan Museum Joeang 45 dalam acara "Festival Museum Day" di komplek taman Fatahillah, Jakarta, Rabu (18/5). (ANTARA/Fanny Octavianus)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 43 museum di wilayah DKI Jakarta turut memeriahkan peringatan Hari Museum Sedunia yang puncaknya digelar di Museum Fatahilah, Jakarta, Rabu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan bertepatan dengan Hari Museum Sedunia pada 18 Mei, pihaknya menyelenggarakan Festival Museum Day dengan tema Museum and Memory, di Taman Museum Fatahillah, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

"Sekitar 43 museum yang ada di Jakarta, turut memeriahkan festival ini," katanya.

Festival itu digelar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Ada 15 SMP dan SMA yang diundang, sekaligus menjadi peserta dalam festival tersebut.

"Para remaja memang menjadi target pengunjung festival ini, untuk meningkatkan kecintaan mereka kepada museum," kata Arie Budhiman.

Para pejabat terkait, pelajar, guru, serta pengunjung telah menandatangani spanduk sepanjang 200 meter, sebagai simbol dukungan Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014, yang digalang Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain pameran, Festival Museum Day juga diisi dengan acara bincang-bincang Quo Vadis Museum, hasil kerja sama Bank Indonesia dan Komunitas Jelajah.

Berbagai macam lomba, penampilan grup kesenian tradisional Betawi, hingga jajanan khas Betawi, juga disuguhkan dalam festival tersebut.(*)
(T.H016/S022)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar