Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) mengatakan masyarakat yang senantiasa disiplin melakukan protokol kesehatan (prokes) dapat mencegah Indonesia masuk dalam kondisi krisis COVID-19.

"Jadi saat ini, sambil bersyukur sudah melewati masa krisis, namun tetap terus melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah lonjakan kasus ataupun bisa masuk lagi dalam kondisi krisis," kata Ketua Umum PDIB dr James Allan Rarung saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan saat ini Indonesia tidak dalam kondisi krisis COVID-19. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, Indonesia saat ini berada pada level 1 COVID-19.

Level 1 itu berarti Indonesia tidak dalam kondisi krisis sekarang ini. Kondisi di mana kasus COVID-19 cenderung tidak melonjak perlu terus dipertahankan, bahkan berupaya untuk bisa mengendalikan kasus COVID-19.

Meskipun kondisi kasus saat ini cenderung baik, namun James menuturkan tidak boleh lengah. Walaupun sudah melewati krisis COVID-19, potensi lonjakan kasus COVID-19 masih tetap ada.

Jika abai melakukan protokol kesehatan maka lonjakan kasus COVID-19 menunggu di kemudian hari. Untuk itu, kenaikan kasus harus dapat dicegah, salah satu caranya dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Tentunya, tidak ada yang ingin penyebaran penularan COVID-19 yang signifikan terjadi lagi di masa mendatang seperti yang sudah dialami pada gelombang kedua COVID-19.

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua
​​​​​​​
Baca juga: PDIB: Lawan infeksi COVID-19 dengan prokes, vaksinasi dan hidup sehat
Baca juga: PDIB: Semua vaksin COVID-19 sudah lolos uji keamanan dan efektivitas
Baca juga: PDIB imbau warga tidak percaya informasi salah-hoaks tentang vaksin

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021