tindak lanjutnya cepat
Jakarta (ANTARA) - Warga Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan mengucapkan rasa syukur dan senangnya atas program bedah rumah gratis dari Pemerintah Kota Jakarta Barat.

Yeni (32) salah satu warga yang tinggal bersama lima anaknya mengatakan berkat bantuan Pemkot Jakbar akhirnya bisa memiliki rumah yang layak.

"Saya sangat bersyukur berterimakasih karena pemerintah mau membantu saya. Saya sangat terbantu," kata Yeni kala ditemui di depan rumahnya, di kawasan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat.

Rumah Yeni yang berdiri di atas lahan 4x4 meter ini diketahui roboh sejak tiga bulan lalu. Robohnya rumah Yeni disebabkan fondasi yang mulai rapuh ditambah terpaan angin kencang.

"Pertama bagian atasnya sudah mulai ambruk cuman saya tetap tinggal di situ. Kondisinya tambah riskan akhirnya saya pindah ngontrak. Setelah saya ngontrak bagian tengah rumah roboh," kata Yeni.

Karena kondisi tersebut, Yeni beserta suami dan lima anaknya harus mengungsi kontrakan yang tidak jauh dari rumahnya. Kondisi kontrakan yang disewakan seharga Rp500.000 ribu per bulan pun juga tidak terlalu luas.

Karena kondisi itulah Yeni mendaftar diri ke pihak rukun tetangga atau RT untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Pengajuan itu dilakukan Yeni awal Desember 2021.

Tidak disangka, pengajuan Yeni pun langsung ditindaklanjuti ke tingkat kelurahan hingga Wali Kota. Wali Kota pun setuju memberikan bantuan berupa bedah rumah.

"Saya bersyukur banget tindak lanjutnya cepat. Saya pengajuan kapan terus langsung sekarang sudah mau dikerjakan," kata dia.

Yeni mengatakan pekerjaannya akan dimulai pada awal Januari 2022 nanti. Diperkirakan rumahnya akan selesai dibangun dan mulai bisa ditempati pada Februari mendatang.

Tidak hanya bantuan bedah rumah, uang biaya kontrakan rumah Yeni juga dibayarkan selama satu bulan. Yeni berharap Pemkot Jakarta Barat terus menggelar kegiatan seperti ini agar semua warga yang memiliki hunian tidak layak bisa terbantu.

"Saya harap semuanya juga punya kesempatan seperti saya," kaya Yeni.
Baca juga: Pemkot beri bantuan Rp50 juta bagi pemilik rumah yang dibedah
Baca juga: Warga RT 14/04 Kampung Melayu telah menghuni rumah hasil bedah kampung
Baca juga: Baznas Jaksel targetkan 130 bedah rumah selama 2021

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021