Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur menggelar pertunjukan seni dan budaya etnik bertajuk "Konser Musik Betawi Harmoni Timur Jakarta" di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB), Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis malam.

Plt. Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur, Imam Hadi Purnomo, di Jakarta, Jumat, mengatakan, pagelaran musik etnik tersebut dalam rangka perwujudan kegiatan Kesenian Terpilih Tingkat Kota Tahun 2021.

"Tujuan kegiatan ini untuk menampilkan budaya Betawi dan menarasikannya dalam suatu konser,” katanya.

Menurut Imam, konser itu akan ditayangkan melalui YouTube Margasari Kacrit Putra pada pukul 19.30 WIB. "Konser Musik Betawi Harmoni Timur Jakarta dikemas dalam pertunjukkan musik dan tari yang mengkolaborasikan musik Betawi tradisional dan modern," katanya.

Ada juga permainan rakyat, yakni salah satu dari 10 Objek Pemajuan Kebudayaan Betawi dan juga program bincang-bincang tentang Kampung Budaya Cakung. "Ada juga penampilan spesial dari Mustafa Debu dan Opick," ujar Imam.

Imam menjelaskan, diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan Objek Pemajuan Kebudayaan Betawi dan melestarikan Seni Budaya Betawi.

"Kegiatan ini juga diharapkan memberikan warna baru pada kolaborasi musik tradisional dan modern," tutur Imam.

Baca juga: Alat baru musik Betawi : disc jockey set
Baca juga: Lagu Betawi dalam balutan jazz

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021