Jakarta (ANTARA) - Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan (FKPPI) kembali mencalonkan Pontjo Sutowo menjadi Ketua Umum FKPPI untuk lima tahun ke depan, yakni untuk periode 2021-2026, dan merupakan calon tunggal.

“Saat ini tidak ada yang mendaftar lagi sebagai calon Ketua Umum FKPPI periode 2021-2026. Insya Allah, calon tunggal hanya Pak Pontjo Sutowo,” kata Wakil Ketua Umum FKPPI Dudhe Makmun Murod dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Saat ini, Pontjo Sutowo merupakan Ketua Umum FKPPI periode 2016-2021. Artinya, Pontjo maju sebagai calon petahana. Alasannya, tutur Dudhe melanjutkan, dari daerah juga telah melakukan rapat pimpinan untuk memberikan suaranya kepada Pontjo agar terpilih lagi untuk menjadi Ketua Umum FKPPI.

“Selain itu, kita (FKPPI, red.) sudah tahu beliau sangat lama di FKPPI, makanya tidak ada istilahnya alasan untuk tidak memilih kembali Pak Pontjo dan memang tidak ada nama-nama lain yang maju dalam Munas ini. Kita tunggu sampai hari H. Insya Allah, Pak Pontjo kembali jadi ketua umum. Karena suara dari daerah sudah rapim, Insya Allah ke Pak Pontjo,” jelas dia.

FKPPI berencana akan menetapkan Pontjo sebagai Ketua Umum FKPPI periode 2021-2026 dalam Musyawarah Nasional (Munas) FKPPI di kawasan Senayan pada 20-22 Desember 2021.

Kemudian, Dudhe menyampaikan kembali pesan dari kegiatan Munas FKPPI nanti adalah semangat untuk membela negara, sebagaimana yang pernah diucapkan oleh Pontjo Sutowo. Tentu, Keluarga Besar FKPPI siap menjadi garda terdepan dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, kata Dudhe.

“Komitmen FKPPI akan berada garis terdepan untuk membela negara dari setiap ancaman, baik dari luar maupun ancaman dalam,” ujar dia.

Oleh karena itu, Dudhe mengatakan alasan dibentuknya FKPPI sebagai organisasi kemasyarakatan untuk lebih bersatu dan disiplin. Sebab, belakangan memang ada ketidaksiplinan dan keonaran yang dilakukan oleh oknum organisasi kemasyarakatan.

“Kami FKPPI sebetulnya membawa stigma berat, karena kami anak-anak kolong. Mungkin tahu reputasi anak-anak kolong itu mereka suka berkelahi antar-komplek zaman dulu,” ucap dia.

Makanya, lanjut dia, organisasi ini dibentuk tujuan utama dulu menghilangkan adanya bentrokan anak kolong dan antar-komplek. Dengan adanya FKPPI ini, semua menjadi bersatu dan berdisiplin karena pembinanya dari TNI dan Polri sehingga anak-anak lebih disiplin daripada dulu.

“Ke depan, kita (FKPPI, red.) tidak ingin stigma organisasi jadi tukang pukul seperti itu. Itu tidak ada agenda kita. Tujuan kita bentuk FKPPI menghindarkan bentrok antar-komplek,” kata dia.

Baca juga: Ketua Umum FKPPI: Munas FKPPI untuk memperkokoh bela negara
Baca juga: Pontjo Sutowo: FKPPI optimalkan konsolidasi dan pengabdian

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021