Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China berakhir turun tajam pada Jumat, dengan indeks saham unggulan mencatat penurunan mingguan terbesar dalam tiga bulan, karena investor lokal dan asing khawatir tentang pembatasan peraturan AS dan China serta kebangkitan global kasus COVID-19.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai anjlok 1,16 persen atau 42,65 poin menjadi menetap di 3.632,36 poin. Untuk minggu ini indeks acuan merosot 1,48 persen.

Indeks saham-saham unggulan CSI300 terpuruk 1,59 persen atau 79,97 poin menjadi ditutup pada 4.954,76 poin. Indeks kehilangan 2,66 persen untuk minggu ini, penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan September.

Menambah ketegangan antara Amerika Serikat dan China, Washington pada Kamis (16/12/2021) memberlakukan pembatasan investasi dan ekspor pada lusinan perusahaan China, termasuk pembuat drone terkemuka DJI, menuduh mereka terlibat dalam penindasan minoritas Uyghur China atau membantu militer.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, indeks Shanghai tergerus 0,13 persen

Washington masih belum memutuskan apakah akan memblokir lebih banyak penjualan teknologi AS ke pembuat chip China SMIC, sumber mengatakan kepada Reuters. Saham SMIC naik hampir 1,8 persen di Hong Kong pada Jumat sore, tetapi telah jatuh hampir 13 persen bulan ini.

Sub-indeks yang melacak saham-A perusahaan semikonduktor tergelincir lebih dari 3,0 persen.

Investor asing adalah penjual bersih saham-A, dengan data Refinitiv menunjukkan arus keluar sebesar 1,36 miliar yuan (213,43 juta dolar) melalui Stock Connect pada hari itu.

Perusahaan-perusahaan kebutuhan pokok konsumen, termasuk penyuling yang disukai oleh investor asing, berakhir turun 2,59 persen. Sementara itu perusahaan-perusahaan sektor energi merosot 2,0 persen dan sektor teknologi informasi jatuh 1,94 persen.

Indeks Shenzhen, yang melacak saham-saham di bursa kedua China yang lebih kecil berakhir turun 1,28 persen dan Indeks Komposit ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan rintisan melemah 1,61 persen.

Baca juga: IHSG akhir pekan ditutup naik, dipimpin saham energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021