Temuan-temuan kami secara umum tidak mengabaikan banyaknya manfaat yang diperoleh dari vaksinasi,
Kopenhagen (ANTARA) - Vaksin COVID-19 Moderna sampai empat kali lipat lebih mungkin menyebabkan peradangan otot jantung, efek samping sangat langka, ketimbang vaksin Pfizer-BioNTech, menurut studi Denmark yang dipublikasi di Jurnal Medis Inggris pada Kamis (16/12).

Studi yang melibatkan hampir 85 persen warga Denmark atau 4,9 juta orang berusia 12 tahun ke atas itu menyelidiki kaitan antara vaksin COVID-19 berbasis mRNA dan peradangan jantung yang juga dikenal  sebagai miokarditis atau mioperikarditis.

Studi sebelumnya di Israel dan AS mengindikasikan peningkatan risiko peradangan jantung pascavaksinasi dengan vaksin mRNA yang dikembangkan Pfizer-BioNTech dan Moderna.

"Vaksinasi dengan mRNA-1273 (vaksin Moderna) dikaitkan dengan risiko peningkatan miokarditis atau mioperikarditis yang signifikan pada penduduk Denmark," tulis studi tersebut.

Baca juga: Inggris : Tak ada kekhawatiran radang jantung dari vaksin Pfizer

Akan tetapi, risiko keseluruhan untuk mengalami peradangan jantung dari vaksin yang berbasis teknologi mRNA kecil, menurut studi yang dilakukan peneliti Statens Serum Institute Denmark.

"Secara umum tingkat miokarditis atau mioperikarditis sekitar tiga sampai empat kali lipat lebih tinggi untuk vaksinasi mRNA-1273 (Moderna) ketimbang vaksinasi BNT162b2 (Pfizer-BioNTech)," kata studi tersebut.

Peneliti hanya menemukan 1 kasus per 71.400 penerima vaksin Pfizer-BioNTech dan 1 kasus per 23.800 penerima vaksin Moderna. Sebagian besar kasus mengalami gejala ringan, katanya.

Baca juga: CDC tidak melihat adanya kaitan antara radang jantung dan vaksin COVID

Vaksin Pfizer-BioNTech hanya dikaitkan dengan risiko peradangan jantung yang lebih tinggi di kalangan perempuan, menurut studi itu. Hal tersebut bertentangan dengan hasil studi Israel dan AS.

Para peneliti mengatakan perbedaan itu dapat dijelaskan oleh usia rata-rata populasi yang divaksin, interval antara dosis pertama dan kedua atau karena lebih sedikit warga Denmark yang terbukti positif COVID-19.

"Temuan-temuan kami secara umum tidak mengabaikan banyaknya manfaat yang diperoleh dari vaksinasi," kata penulis studi Anders Hviid lewat pernyataan.

"Yang harus diingat bahwa alternatif dari terinfeksi COVID-19 mungkin juga melibatkan risiko peradangan pada otot jantung," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Israel lihat kemungkinan kaitan vaksin Pfizer dan kasus radang jantung

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021