Bandung (ANTARA News) - Setelah mendapat tempaan latihan dan pembentukan karakter di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tim nasional (timnas) sepakbola U-23 lebih optimistis mengejar target juara pada SEA Games 2011.

"Banyak pengalaman yang bisa kami peroleh di sini, lebih semangat dan optimis," kata Yongky Ariwibowo, salah seorang pemain Timnas U-23 di sela-sela penutupan Diklat Pembentukan Karakter Atlet Pelatnas Prima di Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Kamis.

Selama dua minggu, Yongky, Okto Maniani dan pemain lainnya beserta atlet sejumlah cabor lainnya ditempa di Pusdikpassus untuk pembentukan karakter.

Optimisme lainnya terpancar dari beberapa pemain lainnya, seperti Kim Kurniawan, Irfan Bachdim, Eggy Melgiansyah, Jajang Mulyana serta yang lainnya.

Tim sepak bola merupakan salah satu cabor yang diproyeksikan untuk meraih medali emas.

"Saya ingin menjadi bagian dari tim Indonesia, dan menjadi bagian dari kontingen Juara SEA Games 2011," kata Irfan Bachdim.

Hal sama diungkapkan oleh Kim Kurniawan, wing back Persema Malang itu juga masuk pelatihan nasional (Pelatnas) Timnas U-23 yang menyatakan optimismenya untuk bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Saya senang bergabung dengan teman-teman semua, lebih banyak teman lagi di sini. Terima kasih atas kepercayaan ini dan saya akan memberikan semaksimal mungkin kemampuan saya. Saya senang di tim ini," kata Kim Kurniawan.

Kim mengatakan, bisa berkomunikasi lebih luas lagi dengan anggota tim lainnya dan optimistis.

Wakil Bidang Teknik Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arief, menyebutkan bahwa kegiatan pembentukan karakter yang digelar selama dua minggu di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Pusdikpassus TNI-AD) memberikan sesuatu yang baru dan sangat positif bagi para pemain Timnas U-23.

"Pemain mendapat pemahaman yang sama terhadap kebersamaan dan ditempa untuk memiliki karakter kuat, disiplin, teguh dan punya patriotisme tinggi. Pemain merespon positif dan itu sangat bagus bagi persiapan tim," kata Iman Arief.

Timnas U-23 rencananya akan melakukan serangkaian uji tanding, termasuk melakukan latihan selama sebulan di Austria untuk memberikan pengalaman bertanding internasional di Eropa.

Sedangkan, enam pertandingan uji tanding melawan tim Asia dipersiapkan, yang rencananya akan digelar pada Juli atau setelah mengikuti Turnamen Piala AFF U-23.

Beberapa lawan uji tanding yang akan dihadapi Indonesia adalah Jepang, Korea, Hongkong, UEA, Qatar dan Thailand.

"Rencananya empat pertandingan digelar di Jakarta, sisanya dilakoni di luar negeri," kata Iman Arief menambahkan.
(U.S033/R010)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011