Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca pelabuhan di DKI Jakarta berawan pada Sabtu pagi hingga malam dan waspada terhadap kenaikan tinggi muka air laut akibat aktivitas pasang surut air laut (rob) pada pagi hingga siang.

Wilayah yang diprakirakan akan terdampak rob antara lain, Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu.

Dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu, cuaca Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diprakirakan berawan dengan kecepatan angin berhembus dari selatan ke barat antara 3-8 knot.

Ketinggian gelombang air laut antara 0,1-0,5 meter dan diprakirakan pasang maksimum air laut terjadi setinggi 1,2 meter pukul 09.00 WIB, sedangkan pasang minimum 0,1 meter terjadi pada pukul 19.00 WIB.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 27-32 derajat celsius dan kelembaban udara 68-83 persen dengan jarak pandang sembilan kilometer.

Demikian pula prakiraan cuaca, suhu, kecepatan angin, ketinggian gelombang, serta visibilitas, di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru Cilincing, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Muara Baru, serta Pelabuhan Kaliadem Muara Angke di Penjaringan.

Sementara itu, di wilayah perairan Laut Jawa, seperti di perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, dan laut Jawa bagian barat, BMKG memprakirakan cuaca umumnya berawan. Angin bertiup dari arah selatan ke barat dengan kecepatan angin 5-20 knot.

Untuk masyarakat di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, BMKG memberi peringatan dini tentang potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari, sedangkan wilayah Jakarta Barat diprakirakan berpotensi hujan ringan di siang hari.

Sementara untuk kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berpotensi cuaca berawan siang hingga menjelang malam hari, Kepulauan Seribu mengalami cuaca cerah berawan di siang hari dan berawan di malam hari.

Adapun suhu udara bervariasi antara 25 sampai 33 derajat celsius di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur dengan kelembaban udara yang tinggi antara 60-100 persen di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, serta 55-95 persen di Jakarta Barat.

Kemudian Jakarta Utara dan Jakarta Pusat memiliki suhu antara 26-32 derajat celsius dan kelembaban udara antara 75-95 persen.

Selanjutnya suhu udara di Kepulauan Seribu antara 27-31 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar 80-90 persen.

Baca juga: Jakarta diprakirakan diguyur hujan pada Jumat
Baca juga: Lima wilayah DKI Jakarta diperkirakan hujan Kamis siang

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021