Saya berharap, bantuan ini ikut meringankan beban dan dapat bermanfaat, demi keberlangsungan usaha para pelaku usaha terdampak bencana kebakaran Pasar Bawah...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM memberikan bantuan kepada 125 pelaku usaha mikro terdampak bencana kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, masing-masing sebesar Rp2 juta.

"Saya berharap, bantuan ini ikut meringankan beban dan dapat bermanfaat, demi keberlangsungan usaha para pelaku usaha terdampak bencana kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya saat mengikuti acara penyerahan bantuan di Kota Bukittinggi sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan tingginya tingkat bencana di Indonesia mendorong Presiden Joko Widodo memberikan empat poin arahan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021.

Baca juga: Kemenkop: Rumah BUMN dapat jadi solusi kelola sumber daya ekonomi UMKM

Pertama ialah mengutamakan pelaksanaan di lapangan dengan aspek pengendalian dan penegakan standar-standar di lapangan, dalam arti tak hanya sibuk membuat aturan,

Kedua, ujar Eddy, mengintegrasikan kebijakan untuk mengurangi risiko bencana mulai dari hulu hingga hilir sehingga terkoordinasi dengan baik.

Selanjutnya, memperbaiki manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat.

Terakhir yaitu memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait kebencanaan secara terus menerus mulai dari lingkup sosial yang paling kecil, yaitu keluarga.

Baca juga: Kemenkop-SMESCO dan Kimia Farma kolaborasi dorong penjualan produk UKM

"Bencana alam sampai dengan bencana pandemi COVID-19, merupakan bencana kemanusiaan yang belum pernah ada bandingannya dalam sejarah," ujarnya.

Dengan bantuan yang diberikan Kemenkop-UKM, diharapkan dapat mendorong perekonomian cepat pulih kembali.

“Untuk Kepala Dinas dan Kepala Pasar, juga (tolong) sering mengingatkan para pedagang tetap menjaga protokol kesehatan," ungkap dia.

Pada 11 September 2021 terjadi kebakaran di Pasar Bawah hingga menghanguskan 300 kios milik pedagang yang terdiri dari pedagang ikan, ayam, sayuran, dan bumbu-bumbuan, dengan kerugian sekitar Rp2 miliar.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021