Jakarta (ANTARA) - Pasangan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dari Thailand dipastikan akan bertemu Jepang pada babak final nomor ganda campuran Kejuaraan Dunia BWF di Huelva, Spanyol, hari Minggu.

Kepastian ini diperoleh Dechapol/Sapsiree yang memenangi laga semifinal pool bawah dan masih menanti calon lawan dari pool atas antara Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dan unggulan ketiga Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Ganda campuran peringkat satu dunia ini mengamankan tiket partai puncak setelah mengalahkan wakil Hong Kong, Tang Chu Man/Tse Ying Suet dalam rubber game berdurasi 61 menit, Sabtu.

Baca juga: Tunggal putri China rontok di semifinal Kejuaraan Dunia BWF 2021

Sempat tertinggal di gim pembuka, pemenanga BWF World Tour Finals 2021 ini melakukan gebrakan pada gim kedua dengan mengubah strategi serangan yang lebih dominan.

Dechapol/Sapsiree mengatur gaya permainan Tang/Tse lewat drive rendah yang membuat mereka tertekan. Pukulan pasangan peringkat tujuh ini kerap dimatikan saat mereka melakukan pengembalian yang terlalu tinggi atau lob.

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan mudah baik oleh Dechapol atau Sapsiree untuk menyambar bola pukulan mereka yang tanggung.

Kemampuan mereka untuk membalikkan keadaan setelah mengawali laga dengan tertinggal satu gim, membuat Dechapol/Sapsiree sekali lagi mengulangi keunggulan atas Tang/Tse dengan skor akhir 15-21, 21-7, 21-10.

Baca juga: Impian gelar perdana Kejuaraan Dunia Lee/Wang pupus di perempat final

Hasil ini mengukuhkan skor catatan pertemuan mereka menjadi 4-1. Pertandingan mereka di Spanyol juga menjadi yang perdana di luar Indonesia. Tercatat empat persaingan sebelumnya terbukukan di Indonesia Open 2018, Asian Games 2018, Indonesia Masters 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

Berdasarkan catatan resmi Federasi Badminton Dunia (BWF) di laman resminya, jika Dechapol/Sapsiree bertemu Yamashita/Shinoya di babak final Kejuaraan Dunia maka akan menjadi laga perdana kedua pasangan di turnamen BWF.

Sedangkan potensi pertemuan dengan Yuta/Arisa diprediksi akan menjadi pertarungan alot mengingat pasangan peringkat empat dunia itu punya ketahanan energi yang sangat tangguh.

Dalam catatan pertemuan mereka, sementara ini Yuta/Arisa masih unggul 4-2 atas Dechapol/Sapsiree. Namun dalam pertemuan terakhir di BWF World Tour Finals di Bali pada awal Desember, Dechapol/Sapsire meraih gelar juara turnamen akhir tahun setelah mengalahkan Yuta/Arisa di babak final.

Baca juga: Cedera Lee amankan Antonsen ke semifinal Kejuaraan Dunia BWF

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021