Jakarta (ANTARA) - Pandemi yang berkepanjangan telah mengubah cara orang menghabiskan waktu di rumah. Bagi sebagian orang, itu menjadi alasan utama untuk berkebun.

LG Electronics Inc. telah meluncurkan alat berkebun dalam ruangan otomatis bernama LG tiiun, yang berarti "berkecambah" dalam bahasa Korea, memanfaatkan kebutuhan yang meningkat untuk menanam tanaman, sayuran, dan hasil bumi di rumah (indoor).

Dikutip dari Yonhap, Minggu, teknologi berkebun yang digunakan untuk peralatan rumah tangga terbaru adalah lambang dari "puluhan tahun keahlian perusahaan yang diasah dari pengembangan lemari es, pemurni air, dan sistem ventilasi canggih."

Baca juga: GM - LG lanjutkan produksi modul baterai Bolt EV

Teknologi tersebut memungkinkan kondisi optimal untuk pertumbuhan organik tanaman dalam hal suhu, jumlah kelembaban dan cahaya yang ideal, tambahnya.

"LG tiiun adalah solusi praktis dan nyaman bagi konsumen sibuk yang ingin menikmati gaya hidup yang lebih hijau dan sehat di rumah," kata Presiden Divisi Peralatan Rumah dan Solusi Udara LG Lyu Jae-cheol.

"Tambahan bergaya untuk rumah atau apartemen seseorang, sistem berkebun cerdas kami membuat tumbuh tumbuhan, sayuran hijau dan bunga menyenangkan dan sederhana, bahkan bagi kita yang tidak memiliki pengalaman berkebun," imbuhnya.

Perusahaan memamerkan pembudidaya sayuran dalam ruangan berukuran lemari es selama Consumer Electronics Show (CES) tahun lalu di Las Vegas untuk pertama kalinya.

Samsung Electronics Co. juga meluncurkan prototipe pembudidaya tanaman, Bespoke Plant, pada waktu itu, tetapi belum terjun ke pasar secara massal.

Perangkat terbaru LG, LG tiiun, jauh lebih kecil dan lebih pintar karena dapat dikontrol dan dipantau melalui aplikasi ThinQ LG.

Dilengkapi dengan pintu transparan yang memungkinkan pengguna untuk melihat tanaman tumbuh dan hadir dalam warna krem ​​​​alami dan hijau alami dari palet warna koleksi premiumnya, yang menurut perusahaan dapat melengkapi estetika rumah apa pun.

Perusahaan mengatakan LG tiiun dan versi yang lebih kecil, LG tiiun mini, akan ditampilkan secara virtual selama CES 2022, yang dijadwalkan pada 5-8 Januari, agar pengunjung dapat merasakannya melalui teknologi virtual dan augmented reality yang canggih.


Baca juga: LG Chem akusisi saham perusahaan daur ulang baterai Kanada

Baca juga: LG akan beli saham di perusahaan keamanan siber mobil Israel

Baca juga: LG Indonesia dirikan akademi untuk latih tenaga ahli sistem AC

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021