telah berkontribusi dan memberikan dedikasi kepada pendidikan vokasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan penghargaan pada mitra industri yang berjasa pada bidang vokasi melalui DUDI Awards.

"Pemberian penghargaan ini bukan kompetisi antar DUDI,
melainkan pemberian apresiasi dari pemerintah kepada DUDI yang selama ini bermitra. Manfaat dari kemitraan tersebut, " ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad.

Wikan menambahkan bahwa bermitra mungkin tidaklah sulit, tetapi menciptakan kemitraan yang selaras atau istilahnya match tentu tidaklah mudah.

Ciri khas pendidikan vokasi adalah link and match, dibuktikan dengan kemitraan.

"Melalui DUDI Awards, kami memberikan apresiasi kepada DUDI dan asosiasi yang telah berkontribusi dan memberikan dedikasi
kepada pendidikan vokasi," terang dia.

Baca juga: PLN raih penghargaan Kemendikbudristek atas program vokasi
Baca juga: Pupuk Kaltim raih penghargaan DUDI Awards, dukung pendidikan vokasi

Kemendikbudristek memberikan penghargaan pada 40 perusahaan terpilih sebagai DUDI yang berhasil meraih penghargaan atas dedikasi
dalam pembangunan pendidikan vokasi di Tanah Air.

Pada periode pengusulan, tercatat 420 satuan pendidikan vokasi (SMK dan Politeknik) berpartisipasi mencalonkan DUDI sebagai peraih penghargaan. Adapun total DUDI yang dinominasikan mencapai 360 perusahaan.

"Artinya satuan pendidikan tersebut sudah merasa sudah
menjalankan dan merasakan manfaat program link and match dengan mitra DUDI-nya."

Salah satu perusahaan yang menerima penghargaan itu yakni Trakindo Utama (Trakindo). Usai menerima penghargaan itu, Corporate Communication and CSR Manager Trakindo, Candy Sihombing,
menyatakan Trakindo telah berkomitmen dan mengimplementasikan hal ini sejak 26 tahun lalu dan saat ini Trakindo melanjutkan komitmen tersebut.

“Syukurlah, kontribusi dan dedikasi Trakindo dalam membangun pendidikan vokasi di Indonesia telah diapresiasi dan menerima penghargaan DUDI Awards 2021. Kini, tugas kami lebih meningkatkan lagi kualitas kontribusi kami dan menjalin lebih banyak kolaborasi dengan penyelenggara pendidikan vokasi di Indonesia, sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan Indonesia,” kata Candy. 

Baca juga: Komitmen dalam kualitas SDM, Trakindo beri beasiswa

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021