Samarinda (ANTARA) - Wilayah yang termasuk dalam zona hijau COVID-19 di Provinsi Kaltimantan terus berkurang dan hanya menyisakan dua wilayah yakni Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Berau.

Juru bicara Satgas Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Ahad, mengatakan sebelumnya wilayah Kaltim yang berhasil mencapai nol kasus sebanyak enam wilayah.

Namun, saat ini empat wilayah yakni Kabupaten Panajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda telah beralih status zona kuning dengan adanya temuan kasus terkonfirmasi di wilayah masing- masing.

"Saat ini ada delapan wilayah Kaltim
yang masuk dalam zona kuning COVID-19, sedangkan untuk zona hijau masih tersisa dua wilayah," kata Andi Muhammad Ishak.

Baca juga: Samarinda kembali masuk zona kuning COVID-19

Baca juga: Zona hijau COVID-19 di Kaltim menjadi enam wilayah


Berdasarkan update kasus harian, Ahad (19/12), terjadi penambahan enam kasus terkonfirmasi positif, dua kasus sembuh dan untuk kasus meninggal dunia tidak terjadi penambahan kasus baru.

"Akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.304 kasus, yang telah dinyatakan sembuh 152.818 kasus, dan kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus," beber Andi.

Andi menambahkan untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 34 orang.

Dengan adanya peningkatan kasus positif tersebut, Andi mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Terlebih di sejumlah wilayah di Indonesia telah terjadi temuan varian baru Omicron yang berpotensi menular hingga ke Kaltim.

"Kita semua harus sama- sama berjuang agar tidak ada lagi lonjakan kasus, khususnya menghadapi libur Natal dan Tahun Baru mendatang, jangan abaikan imbauan pemerintah," ujar Andi Muhammad Ishak.*

Baca juga: Satgas laporkan lima kabupaten di Kaltim sudah zona hijau COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 32 orang

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021