Karawang (ANTARA) - Aparat kepolisian dan pihak Jasa Marga sempat menerapkan contraflow menyusul padatnya arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada akhir pekan, Minggu.

"Contraflow diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, karena kondisinya cukup padat," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, pada akhir pekan ini arus lalu lintas di jalan tol cukup padat. Sistem contraflow itu sendiri diterapkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Menurut dia, dalam pelaksanaannya, petugas melakukan sistem buka-tutup contraflow dari Kilometer 53 hingga Kilometer 47.

"Untuk mengurai kepadatan, contraflow diterapkan pada Minggu sore, dan tentunya akan dilakukan jika terjadi kepadatan arus lalu lintas," katanya.

Corry Annelia Poundti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division menyampaikan, sistem contraflow diterapkan atas diskresi pihak kepolisian.

Pihak Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dalam siaran pers. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021