Saya ingin membangun tempat untuk menciptakan dan membina bintang-bintang masa depan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Juara gulat Indonesia dan bintang kelas flyweight ONE Championship yang sedang naik daun, Eko Roni Saputra bertekad membuat fasilitas mix martial arts (MMA) di kampung halamannya, Samarinda sebagai bentuk balas budi kepada masyarakat yang telah berjasa kepadanya.

"Saya ingin membangun tempat untuk menciptakan dan membina bintang-bintang masa depan Indonesia. Impian saya adalah membuat fasilitas yang besar dan modern, jadi ini adalah langkah pertama saya untuk mewujudkannya dan saya tidak ingin ini hanya menjadi sekedar gym biasa,” kata Eko dalam keterangan resminya, Senin.

Eko Roni yang berjuluk "Dynamite" merupakan salah satu seniman bela diri paling berbakat dari Indonesia dan saat ini merupakan atlet MMA paling disegani. Dan dari hasil kerja kerasnya mampu mengumpulkan materi dan dibelikan sebidang tanah di tempat kelahirannya.

Baca juga: Lima petarung Indonesia dijadwal berlaga di ONE Championship 2022

“Saya telah melihatnya di Evolve dan gym lainnya di Amerika, semuanya sangat canggih sehingga saya ingin membuat gym serupa dengan peralatan dan fasilitas terbaik untuk menghasilkan [atlet] terbaik. Itulah tujuan saya dan saya telah mengambil langkah pertama. Semoga dapat segera terealisasi,” kata petarung berusia 30 tahun itu.

Petarung yang selama ini berlatih di Evolve Singapura itu mengaku gym yang akan dibangun bakal didukung dengan fasilitas yang memadai dan ia tidak ingin gym-nya hanya sebatas untuk berlatih.

“Saya menginginkan fasilitas dengan kualitas terbaik, matras terbaik, sauna terbaik, jacuzzi terbaik, dan semuanya yang terbaik. Saya ingin itu memenuhi standar tertinggi melahirkan lebih banyak Eko Roni Saputra lainnya. Saya menerima banyak masukan dari teman-teman Indonesia saya yang mendorong untuk membuka sebuah gym,” katanya menjelaskan.

Baca juga: Eko Roni jadi petarung Indonesia paling berbakat di ONE Championship

“Ini adalah sebuah pencapaian bagi saya dan keluarga. Bermula dari tidak memiliki rumah hingga membeli beberapa bidang tanah. Pindah ke Singapura, berkarir profesional, dan [membeli tanah] di kampung halaman terasa seperti mimpi. Saya bersyukur dapat berinvestasi untuk masa depan saya dan keluarga,” kata Eko menegaskan.

Eko Roni Saputra dibesarkan dalam lingkungan sederhana tepatnya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Ayahnya mengajarinya tinju disamping pekerjaanya sebagai penjual makanan laut (sea food) di pasar. Pada usia 5 tahun, Eko memilih seni bela diri sebagai jalan hidupnya yang kemudian mengubah seluruh kehidupannya hingga menjadi seperti sekarang.

Saat ini Eko Roni menjadi bagian dari tim tersohor di dunia yakni Evolve MMA yang berbasis di Singapura sejak 2019, bergabung dengan Juara Dunia ONE Bantamweight Muay Thai Nong-O Gaiyanghadao dan Juara Dunia ONE Women’s Strawweight Xiong Jing Nan, dan petarung top lainnya.

Baca juga: Eko Roni Saputra incar posisi lima besar kelas flyweight di awal 2022
Baca juga: Eko Roni adalah bukti, PON sebagai jalan menuju pentas dunia

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021