Jakarta (ANTARA) - Underpass Jembatan Cikokol Tangerang, Banten, yang panjang di kedua sisinya mencapai 310 meter, bakal berhias seni mural melalui Lomba Mural Tingkat Nasional bertema "Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tangerang.

Selain untuk estetika, lomba yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang dan didukung Pacific Paint itu bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi bagi masyarakat meningkatkan kreativitas dalam karya seni mural.

Baca juga: "Street art" bisa jadi medium pesan efektif dalam gerakan sosial

"Kota Tangerang merupakan lokasi kantor serta pabrik Pacific Paint, maka tentunya kami memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan kegiatan terutama yang mengedepankan peningkatan potensi destinasi wisata serta budaya," kata Ricky Soesanto, Corporate Head of Marketing Pacific Paint, dalam pernyataan pers, dikutip Senin.

Lomba Mural ini terbuka untuk umum dan pendaftar mengirimkan desain karyanya hingga 14 Desember sebelum dilanjutkan proses seleksi 24 terbaik pada 15-16 Desember ini.

Para nominator yang lolos seleksi diberikan ruang ekspresi untuk menuangkan desainnya ke dinding underpass jembatan Cikokol berukuran masing-masing 8 meter x 2 meter pada 18 – 19 Desember 2021.

Pengumuman pemenang akan diinformasikan pada 22 Desember 2021 mendatang dengan total hadiah sebesar Rp67 juta. Pacific Paint memberikan kontribusi serta dukungannya dengan menyediakan cat dengan total 1.000 liter.

Menyambut dukungan yang diberikan oleh Pacific Paint, Muhammad Noor, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (DISPORA) Kota Tangerang mengatakan

"Kami berterima kasih kepada Pacific Paint yang sudah memberikan dukungannya berupa rangkaian produk cat untuk para nominator menuangkan desainnya di underpass jembatan Cikokol ini. Ini juga merupakan sebuah bentuk sinergifitas antara Pemerintah Daerah Kota Tangerang dengan Pacific Paint dalam upaya pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Dispora Kota Tangerang, Muhammad Noor.

Melalui kegiatan ini kami harapkan mampu meningkatkan kreativitas masyarakat dalam berkarya seni mural serta menghadirkan konsep urban art dan street art di Kota Tangerang, katanya.


Baca juga: Converse lanjutkan kampanye "City Forest" gandeng muralis perempuan

Baca juga: Mengenal Tuyuloveme, seniman mural yang karyanya mendunia

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi lomba mural piala Kapolri

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021