Jakarta (ANTARA) - Masih dalam suasana pandemi COVID-19, segelintir grup idola dan band yang resmi menginjakkan kakinya dan mencoba peruntungan karir mereka di industri K-pop.

Ada satu di antara mereka yang mengusung format band dan bahkan sudah memenangkan penghargaan di acara musik untuk karya musik debut mereka.

Siapa saja para rookie K-pop tahun 2021? Berikut ulasannya seperti yang ANTARA rangkum dari berbagai sumber:

Baca juga: Xdinary Heroes debut lewat single "Happy Death Day"

1. Xdinary Heroes
Grup band K-pop Xdinary Heroes (Twitter.com/XH_official)


Nama Xdinary Heroes merupakan singkatan dari extraordinary heroes yang bisa diartikan pahlawan luar biasa. Para personel grup yakni Jooyeon, Gun-il, Jungsu, Jun-han, Gaon dan O.de ingin membawa pesan pada orang-orang bahwa siapapun bisa menjadi pahlawan melalui nama band mereka, "We Are All Heroes".

Mereka menjadi band pertama JYP Entertainment dalam enam tahun terakhir setelah DAY6 yang debut pada September 2015.

Xdinary Heroes resmi debut pada 6 Desember 2021 melalui single digital berjudul "Happy Death Day".

Lagu debut band ini mewakili pemikiran berani dari Generasi Z, atau mereka yang lahir antara tahun 1997 dan pertengahan 2000-an tentang orang-orang yang memperlihatkan kepura-puraan dan kemunafikan. Jungsu dan Gaon mengambil bagian dalam menulis dan menyusun lagu.

Pembetot bas Jooyeon dan kibordis O.de mengungkapkan grupnya tidak hanya akan menghadirkan musik yang lebih gelap dan lebih kuat, tetapi juga menyampaikan pesan yang lebih blak-blakan.

Ini berbeda dengan DAY6 yang melalui lagu-lagunya banyak berkisah tentang berbagai momen dalam hidup.



2. IVE
Grup idola K-pop IVE (Twitter.com/IVEstarship)


Grup idola K-pop ini beranggotakan enam personel termasuk mantan personel grup IZ*ONE An Yu-jin, lalu Leeseo, Rei, Liz, Wonyoung dan Gaeul dan bernaung di bawah agensi Starship Entertainment.

IVE debut pada 1 Desember 2021 lewat single album "ELEVEN" yang juga menjadi judul lagu utama tentang bagaimana hati seorang gadis yang sedang jatuh cinta diwarnai dengan warna-warna mistis. Lagu ini bergenre pop dance.

Tak lama setelah debut, mereka mengumumkan perubahan gerakan tangan dalam salam resmi karena dinilai mirip dengan grup EVERGLOW, yang memulai debutnya pada tahun 2019. Pihak Starship sempat meminta maaf atas hal ini.

IVE memiliki basis penggemar yang dinamakan DIVE yang namanya merefleksikan sapaan IVE, “DIVE into IVE”

IVE menjadi grup baru pertama Starship sejak CRAVITY yang debut pada April 2020 dan grup idola wanita pertama mereka sejak WJSN pada Februari 2016.

Sejak debut, mereka sempat mencapai penjualan album minggu pertama tertinggi kedua dari album debut girl group mana pun dalam sejarah Hanteo, dan meraih kemenangan pertunjukan musik pertama di “Show Champion”.

Baca juga: An Yujin eks-IZ*ONE debut di grup IVE

3. EPEX
Grup idola K-pop EPEX (Twitter.com/the_EPEX)

EPEX beranggotakan delapan orang yang dibentuk agensi C9 Entertainment yakni Wish, Keum Dong-hyun, Mu, A-Min, Baekseung, Ayden, Yewang, dan Jeff.

Grup ini memulai debutnya pada 8 Juni 2021 melalui mini album berjudul "Bipolar Pt.1: Prelude of Anxiety" dengan lagu utama “Lock Down”, sebuah lagu bergenre hip-hop elektro yang mengungkapkan potensi efek negatif dari media sosial.

Dalam perayaan hari ke-50 sejak debut, EPEX mengungkapkan nama klub penggemar resmi mereka yakni “ZENITH" yang berarti puncak yang akan dicapai bersama delapan anak laki-laki.

Baca juga: FT Island akan merilis musik baru setelah 2 tahun rehat

Baca juga: Kep1er tunda jadwal debut karena staf positif COVID-19

Baca juga: Pemenang Asia Artist Awards (AAA) 2021

 

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021