Concern kami adalah keselamatan petugas operasional dan para pemakai jalan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Divisi Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, Bagus Cahya menyatakan kesiapan Jasa Marga dalam layanan operasi pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kita ingin memastikan kesiapan layanan operasi selama Nataru ini. Concern kami adalah keselamatan petugas operasional dan para pemakai jalan," kata Bagus kepada media di Jakarta, Senin.

Bagus menjelaskan pada periode Natal dan Tahun Baru, Jasa Marga mengantisipasi kepadatan di Gerbang Tol (GT) Utama dengan menyiapkan langkah peningkatan serta kapasitas transaksi sehingga penurunan angka kepadatan lalu lintas menjadi di bawah 0,8.

Jasa Marga juga menyiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio Komunikasi agar terus dioptimalkan untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi.

Selain itu, menghentikan sementara pekerjaan konstruksi di lingkungan jalan tol selama periode tersebut.

Adapun terkait dengan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga terus melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kepolisian, hingga Badan Usaha Jalan Tol lainnya.

Antisipasi khusus juga dilakukan dalam rangka menghadapi musim hujan dengan menyiagakan personel dan alat berat yang siap siaga selama 24 jam.

"Kami juga lakukan tindakan pencegahan untuk mengantisipasi genangan air maupun longsor. Selama masa Nataru kan musim hujan, sehingga kita antisipasi supaya tidak ada gangguan," ujarnya.

Ia menambahkan dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan dalam perjalanan, Jasa Marga membuat kebijakan untuk membatasi kapasitas parkir maksimal 50 persen dan pembatasan waktu singgah di rest area. Tidak hanya itu, implementasi aplikasi PeduliLindungi juga akan terus dioptimalkan.

"Ini salah satu kesiapan kita dalam melayani pengguna jalan dengan penerapan protokol kesehatan selama periode Nataru," pungkasnya.

Baca juga: Jasa Marga utamakan pemenuhan fasilitas bagi disabilitas di rest area
Baca juga: Erick Thohir akan perkuat Jasa Marga jadi BUMN karya fokus jalan tol
Baca juga: Jasa Marga siapkan lawan arah antisipasi kemacetan perbaikan Tol Japek

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021