layanan IBM ini juga dilandasi oleh masih rendahnya keinginan dari pengguna narkoba untuk mengajukan rehab secara mandiri
Jakarta (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Jakarta Selatan mengoptimalkan layanan intervensi berbasis masyarakat (IBM) di tiga kelurahan di wilayah tersebut untuk mengajak pengguna narkoba mengikuti program rehabilitasi.

Kepala Seksi Rehabliitasi BNN Jakarta Selatan Dessy Wijayanti saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin mengatakan ketiga kelurahan itu yakni, Ulujami Pesanggrahan, Manggarai Selatan Tebet, dan Kelurahan Menteng Atas Setiabudi.

Dessy mengatakan layanan IBM ini merupakan bentuk "jemput bola" dari BNN Jakarta Selatan dengan melatih warga setempat menjadi petugas yang akan mengajak para pengguna narkoba melakukan rehabilitasi.

Menurut dia, hal ini dilakukan guna memastikan para pengguna tidak semakin terjerumus ke dalam peredaran narkotika dan mencegah mereka terkena pidana.

"Kalau mereka sudah mau, sudah oke, nanti dirawat di kita. Itu untuk mencegah dia tidak ditangkap polisi dulu baru pusing, kan gitu. Itu upaya dan strategi BNN saat ini," tutur dia.

Dia menambahkan, layanan IBM ini juga dilandasi oleh masih rendahnya keinginan dari pengguna narkoba untuk mengajukan rehab secara mandiri karena adanya stigma buruk di masyarakat.

Karena itu, dia berharap dengan adanya layanan ini akan semakin banyak warga untuk berani mendatangi BNN untuk mengajukan rehabilitasi.

Dia menambahkan, sebelum direhab, setiap pengguna akan mengawali asesmen untuk memetakan kondisi gejala yang dialaminya.

Apabila bergejala ringan, maka pengguna tersebut akan dirawat di klinik BNN Jakarta Selatan. Namun, apabila bergejala berat, BNN Kota akan merujuk yang bersangkutan ke Balai Besar Rehabilitasi Lido, Bogor.

"Nah kalau ke swasta itu pilihan. Kadang-kadang ada keluarga yang tidak mau di negeri (lembaga pemerintah) karena mungkin fasilitas yang minim dan lainnya," katanya.
Baca juga: Kemenkumham DKI-BNN gencarkan program kemandirian warga binaan
Baca juga: BNN Jakarta Utara gagalkan peredaran 508 gram sabu di Kampung Bahari
Baca juga: Kemarin, kasus Jiwasraya hingga terduga teroris tiba di Jakarta

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021