Jakarta (ANTARA) - Ruangguru telah memiliki fitur tes minat dan kemampuan dengan pendekatan psikologi yang dapat membantu mengenali potensi anak-anak serta mempersiapkan karier sesuai kecerdasan anak.

Ahli kecerdasan multipel (multiple Intelegences) dari Universitas Harvard Amerika Serikat Thomas Armstrong mengatakan sebelum mengarahkan anak untuk ke suatu bidang, orangtua perlu mengetahui jenis-jenis kecerdasan yang ada.

Thomas Amstrong mengatakan bahwa terdapat delapan jenis kepintaran, yakni linguistik (word smart), logika-matematika (number smart), visual spasial (picture smart), gerak tubuh (body smart), bermusik (music smart), interpersonal (people smart), intrapersonal (self smart), dan naturali (nature smart).

Dilansir dari laman resmi Ruangguru di Jakarta, Senin, tes minat dan kemampuan merupakan seperangkat alat tes yang digunakan untuk mengukur kecocokan antara kesukaan dan kemampuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jurusan kuliah yang hendak diambil.

Baca juga: Kominfo gandeng Ruangguru untuk program literasi digital

Baca juga: Ruangguru gelar Liga Ruangguru, kompetisi pelajar terbesar di Indonesia


Pada tes minat dan kemampuan terdapat dua jenis tes tersedia, yaitu tes minat kemampuan umum dan tes minat kemampuan sekolah mitra. Nantinya, hasil dari tes minat dan kemampuan akan memperlihatkan jurusan sesuai minat siswa yang ditunjang oleh kemampuan yang siswa miliki.

Berdasarkan kajian dari Ruangguru, tak sedikit orang tua yang berpandangan bahwa kecerdasan seorang anak diukur dari nilai-nilai rapor semata. Mereka menganggap nilai rapor dan ujian sebagai tingkat kecerdasan dan keberhasilan dalam belajar.

Paradigma tersebut perlu dipikirkan ulang seiring dengan adanya pemahaman bahwa tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata dapat diukur dari angka-angka di rapor saja. Sebab, setiap anak memiliki keunikan dan kecerdasan masing-masing.

Baca juga: Kiat cari kerja untuk "fresh graduate" di kala pandemi ala Ruangguru


Orangtua bisa mengetahui jenis kecerdasan anak dengan mengamati tingkah laku. Orang tua dapat mengetahui jenis kepintaran anak melalui aplikasi ruangguru atau website tes.ruangguru.com.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021