Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti optimistis Timnas Indonesia mampu memboyong Piala AFF 2020 setelah memastikan lolos ke semifinal.

"Kemenangan Timnas atas Malaysia menjadi energi yang kuat dalam merebut Piala AFF 2020. Saya optimistis Timnas bisa memboyong Piala AFF ke Tanah Air, untuk pertama kalinya," ujar LaNyalla di sela-sela kegiatan reses di Surabaya, Senin.

Menurut dia, kemenangan telak dengan skor 4-1 atas Malaysia pada Minggu (19/12) malam membuktikan Timnas tak bisa dianggap remeh dan menjadi ancaman.

Kemenangan atas Malaysia tersebut juga mengantarkan tim asuhan Shin Tae-yong itu sebagai juara Grup B dan akan berhadapan dengan tuan rumah Singapura sebagai runner-up Grup A di babak semifinal.

Baca juga: Ketua Umum PSSI: Timnas Indonesia jawab keraguan 

Mantan Ketua Umum PSSI itu pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan dukungan positif pada babak selanjutnya.

Meski tidak mudah, namun senator asal Jawa Timur itu meyakini Timnas Indonesia mampu menghadapi segala rintangan.

"Mari kita dukung Timnas Indonesia untuk memberikan permainan terbaik dan membawa piala ke Tanah Air. Meskipun perjuangan tidak mudah, namun langkah berat menghadapi Malaysia telah tuntas dan merupakan energi yang sangat positif," ucap LaNyalla.

Senator asal daerah pemilihan Jawa Timur itu juga berharap para pemain, pelatih dan ofisial tetap fokus memberikan yang terbaik untuk negeri.

"Langkah Timnas Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF tinggal menunggu waktu. Tetap fokus dan semangat," kata LaNyalla.

Baca juga: Pelatih Malaysia akui timnya sulit imbangi Indonesia 

Pada laga melawan Malaysia di Stadion Nasional di Singapura, Indonesia, yang hanya butuh hasil imbang untuk melangkah ke semifinal, sempat dikejutkan oleh gol Malaysia yang dicetak Kogileswaran Raj pada menit ke-13.

Namun, skuad Garuda mampu membalikkan kedudukan menjadi 4-1 melalui dua gol Irfan Jaya (menit ke-36 dan 43), Pratama Arhan (menit 50) dan Elkan Baggot (menit 82).

Hasil ini membuat Malaysia tersingkir dari Piala AFF 2020 dan Indonesia berhak melaju ke babak berikutnya didampingi Vietnam, yang pada laga penyisihan grup terakhir menang 4-0 atas Kamboja. 

Baca juga: Shin: Mental tangguh Indonesia buahkan kemenangan atas Malaysia 
Baca juga: Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 seusai libas Malaysia 4-1 

 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021