Jakarta (ANTARA) - Roboguru dari Ruangguru bisa menjadi salah satu alternatif untuk siswa dapat melakukan kerja cerdas atau work smart dalam mengerjakan tugas dengan membantu menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

Seperti yang dilansir dari Ruangguru di Jakarta, Senin, disebutkan kerja keras adalah mencurahkan banyak waktu dan tenaga serta berfokus pada kuantitas. Sementara kerja cerdas mengacu pada cara-cara efektif dan efisien menyelesaikan tugas tanpa mengorbankan kualitas dan kuantitas dari hasil kerja.

Hal itu penting, karena jika mampu bekerja cerdas di sekolah, siswa dapat mengerjakan hal yang sama dengan lebih cepat dan efisien serta mampu meraih prestasi.

Baca juga: Fitur pendekatan psikologi Ruangguru bantu kenali potensi anak

Ada beberapa cara work smart yang bisa diterapkan siswa di sekolah, dimulai dari hal sederhana mencatat dan mengorganisasi deadline tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan agenda atau kalender, baik tradisional maupun elektronik.

Siswa juga dapat menetapkan tujuan bertahap ketika mengerjakan proyek yang besar atau rumit supaya tidak kewalahan, dengan membuat langkah-langkah pengerjaan tugas yang akan membantu dalam menyelesaikan tugas.

Selain itu, bisa memanfaatkan alat atau tools belajar karena kemajuan teknologi telah memunculkan berbagai aplikasi dan situs yang menunjang proses belajar. Beberapa contoh perkembangan teknologi yang dapat membantu siswa, antara lain kamus online, aplikasi bimbel online, aplikasi kalender online dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi yang dapat membantu bekerja cerdas itu adalah Roboguru, fitur pemecah masalah milik Ruangguru yang dapat membantu siswa menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

Fitur itu dapat diakses melalui tiga metode, yaitu aplikasi ruangguru, web roboguru.ruangguru.com dan WhatsApp 0815-7815-0000 secara gratis. Dengan berbagai akses itu siswa dapat menanyakan soal dari semua mata pelajaran dari berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, SMA, UTBK dan STAN.

Cara menggunakannya mudah, dimulai dari siswa mengunggah foto atau mengetik soal yang ingin ditanyakan, pilih jenjang dan mata pelajaran yang sesuai. Kemudian akan muncul pembahasan soal detail dan diberikan 10 rekomendasi soal-soal mirip lainnya, serta rekomendasi video pembahasan dan rangkuman konsep mengenai materi terkait di aplikasi Ruangguru.

Baca juga: Kominfo gandeng Ruangguru untuk program literasi digital

Baca juga: Sukses di tingkat SMA, Ruangguru gelar kompetisi sains tingkat SMP


Jika belum mendapatkan jawaban sesuai, terdapat pilihan untuk posting soal, sehingga Master Teacher Roboguru dapat membantu menjawab soal tersebut.

Di Roboguru juga terdapat forum tanya jawab soal dimana siswa bisa mengajukan pertanyaan dan menjawab soal yang diajukan siswa lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi itu, siswa dapat menghemat waktu dan tenaga saat mengerjakan tugas serta dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021