Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menyebut tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 pada 20 Desember 2021 mencapai 133 pasien, dengan provinsi yang menyumbang  kasus tertinggi adalah DKI Jakarta sebanyak 38 orang.

Siaran pers Kemenkes yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin memperlihatkan Jawa Barat menempati urutan kedua dengan tambahan 23 kasus.

Disusul Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, dengan tambahan masing-masing 14 kasus dan 10 kasus.

Kalimantan Utara berada di posisi kelima dengan tambahan sembilan kasus.

Menurut data Kemenkes, pada Senin ini terdapat 30 provinsi dengan tambahan jumlah kasus positif COVID-19 di bawah 10 pasien serta terdapat 14 provinsi yang tidak mengalami tambahan jumlah kasus positif COVID-19.

Sementara jumlah pasien meninggal akibat COVID-19 di Tanah Air pada Senin tercatat ada 11 orang, dengan Provinsi Bangka Belitung berada di urutan teratas karena tiga pasien meninggal.

Jawa Tengah di posisi kedua dengan dua orang meninggal.

Berikutnya Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Lampung, D.I. Yogyakarta dan Maluku, dengan masing-masing satu orang meninggal.

Jumlah pasien yang berhasil sembuh dari penularan COVID-19 di Tanah Air pada Senin mencapai 216 orang, dengan jumlah pasien sembuh tertinggi disumbang Provinsi Jawa Barat dengan 65 orang sembuh.

Posisi kedua ditempati Jawa Tengah dengan 30 pasien sembuh.

DKI Jakarta di posisi ketiga dengan 21 pasien sembuh. Jawa Timur dan Bali di urutan keempat dan kelima, dengan masing-masing provinsi mencatatkan 20 dan 15 pasien sembuh.

Secara nasional, jumlah kasus aktif turun sebanyak 94 kasus menjadi 4.829 kasus aktif.

Jumlah spesimen yang diperiksa pada Seninini sebanyak 266.112 spesimen dengan positivity rate sebesar 0,08 persen.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021