Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Senin (20/12) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari peluncuran sertifikat badan hukum BUMDes hingga vaksinasi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun yang sudah mencapai 500.000 anak. Berikut berita-berita tersebut :

1. Mendes: Peluncuran sertifkat badan hukum BUMDes jadi tonggak sejarah

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan peluncuran sertifikat badan hukum untuk 1.604 badan usaha milik desa (BUMDes) dan 23 BUMDes Bersama adalah momen bersejarah untuk mendorong kesejahteraan desa .

"Saat ini terdapat 5.170 dari 26.903 BUMDesa dan 80 dari 1.665 BUMDesa Bersama telah mengajukan sebagai badan hukum. Hari ini menjadi tonggak sejarah peluncuran sertifikat badan hukum 1.604 BUMDesa dan 23 BUMDesa Bersama," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam acara peluncuran dan Rakornas BUMDesa 2021 di Jakarta pada Senin.

2. 28 unit penelitian dan pengembangan K/L resmi diintegrasikan ke BRIN

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan sebanyak 28 unit penelitian dan pengembangan kementerian/lembaga (K/L) resmi diintegrasikan ke BRIN.

"Sudah seharusnya proses integrasi sumber daya manusia yang melaksanakan fungsi penelitian, pengembangan, dan perekayasaan di kementerian dan lembaga menjadi pegawai BRIN dipercepat agar dapat segera berkarya dan berkontribusi untuk bangsa dan negara," kata Handoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

3. Mensos: Semangat HKSN bisa cegah penularan Omicron di Indonesia

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan semangat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-64 dapat mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

"Refleksi kesetiakawanan sosial ini dapat mencegah penularan virus COVID-19 varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia," katanya usai menghadiri Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-64 di Pangkalpinang, Senin.

4. Dalam sepekan 500.000 lebih anak usia 6-11 tahun telah menerima vaksin

Sekitar 500 ribu lebih anak usia 6-11 tahun di Indonesia telah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama dalam sepekan lebih pelaksanaan kegiatan tersebut di Indonesia, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

"Sejak dimulai pada Selasa (14/12), pantauan di sistem kami sudah 500 ribu lebih divaksinasi dari sasaran 26,5 juta jiwa kelompok usia 6-11 tahun. Vaksinasi berjalan lancar dan aman. Peminatnya makin lama makin banyak karena baru sepekan lebih," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu dalam Dialog Produktif "Vaksinasi Aman Untuk Anak" yang diikuti dari YouTube FMB9 di Jakarta, Senin.

Pewarta: Indriani
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021