Jakarta (ANTARA) - Terminal Kalideres menyiapkan tiga jenis pos untuk kesehatan, keamanan, serta pemeriksaan kendaraan bus, guna mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libur Natal dan tahun baru 2022.

"Kita sudah bangun tiga pos, yaknu pos pengamanan, pos kesehatan, dan ramcek kendaraan," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Revi mengatakan, saat ini ada tiga pos keamanan di area terminal Kalideres, yang ditempati oleh personel dari Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 0503 Jakarta Barat, serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Petugas pos keamanan, bertugas untuk memastikan para penumpang yang datang ke terminal telah mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan berjaga jarak, juga untuk memastikan para penumpang aman dari tindak kriminal di area terminal.

Baca juga: Terminal Kalideres syaratkan antigen atau PCR untuk penumpang
Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres harap biaya antigen gratis saat Nataru


Petugas di di pos kesehatan, bertugas memeriksa kondisi kesehatan pengemudi serta kesehatan penumpang bus dan kendaraan lain di terminal," kata Revi.

Kemudian, pos ramcek, untuk memeriksa kelaikan bus untuk memastikan keselamatan penumpang. "Itu tugasnya memeriksa kelaikan bus yang akan berangkat dari terminal, agar bisa dipastikan bus lancar di perjalanan sampai tujuan," kata Revi.

Dengan kesiapan ini, Revi memastikan pihaknya sudah siap menerima lonjakan penumpang di pada libur natal dan tahun baru 2022. Berdasarkan data pengelola Terminal Kalideres, ada 130 PO bus yang aktif di terminal tersebut.

Bus-bus tersebut beroperasi dengan tujuan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Padang, Bengkulu, Jambi, Pekan Baru, Medan, Aceh.

Baca juga: Antisipasi copet, petugas gabungan jaga Terminal Kalideres saat Natal
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021