Tarakan (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 tiba di Apron Pangkalan Udara Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa siang, disambut Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Selain Pangdam VI/Mlw, tampak hadir dalam penyambutan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono, Ketua DPRD Kaltara Albertus Stefanus Marianus serta Komandan Korem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Anang Busra, Presiden Jokowi dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bulungan dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Di Kabupaten Bulungan, Presiden Jokowi diagendakan untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pemasangan tiang pancang pertama pembangunan Kawasan Industrial Park Indonesia di Tana Kuning, Bulungan.

Kemudian Presiden Jokowi dan rombongan akan kembali ke Kota Tarakan untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat di Kaltara.

Baca juga: Presiden Jokowi lakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Utara
Baca juga: Presiden Jokowi minta BUM Desa bantu tumbuhkan usaha rakyat
Baca juga: Presiden Jokowi: Hati-hati pengelolaan dana desa Rp400,1 triliun


Penyerahan sertifikat akan dipusatkan di Lapangan Tenis Tertutup Telaga Keramat, Tarakan.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengatakan bahwa untuk mewujudkan keamanan situasi dan kondisi di lapangan, pihaknya telah menempatkan personel gabungan TNI-POLRI terutama di lokasi kegiatan.

"Personel gabungan TNI-POLRI sudah kita tempatkan dan seluruhnya sudah siap mengamankan Presiden kita Ir H Joko Widodo," katanya.

Selaku Pangkoops Pam VVIP pihaknya telah memaksimalkan pengamanan kunjungan kerja dan seluruh kegiatan Presiden selama di wilayah Kaltara.

Dia menambahkan bahwa TNI memiliki protap pengamanan VVIP yang sudah menjadi bagian yang berlaku di Indonesia, yakni apabila ada kegiatan Presiden atau tamu istimewa negara maka akan dilaksanakan pengamanan VVIP dengan segala aturan yang melekat.

"Kami bekerja sama dengan Kapolda Kaltara dan instansi pemerintah,dengan semaksimal mungkin memberikan kenyamanan kunjungan kerja dari kedatangan sampai sekembalinya Presiden RI ke Jakarta," kata Teguh.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021