Jakarta (ANTARA) - Apple memulai uji coba untuk sistem operasi terbaru mereka yaitu iOS 15.3 serta iPadOS 15.3 kepada publik dengan perangkat lunak terbaru.

Baik sistem operasi untuk iPhone maupun untuk iPad sudah dapat diunduh oleh para pengguna yang memenuhi syarat sesuai yang tercantum dalam situs pengujian beta.

Dengan sistem beta dari iOS 15.3 dan iPadOS 15.3 diperkirakan perbaikan akan difokuskan pada bagian perbaikan bug seperti dikutip dari MacRumors, Selasa.

Beberapa fitur yang dijanjikan Apple seperti “Universal Control” dan pengembangan pemanfaataan aplikasi Wallet dan kartu identitas elektronik nampaknya belum akan dikembangkan di dua sistem operasi itu.

Untuk “Universal Control”, Apple berjanji akan menghadirkan beberapa Mac atau pun iPad bisa dikontrol bersamaan menggunakan mouse serta keyboard yang sama.

Fitur itu dijanjikan akan rilis pada musim semi 2022, dan kemungkinan akan dikeluarkan bersama dengan pembaruan iPad 15.4.

Selanjutnya terkait pemanfaatan kartu identitas digital di dalam aplikasi “Wallet” dijanjikan juga akan mengalami penambahan fitur namun belum diketahui kapan akan diluncurkan.

Fitur itu dikenalkan pada Juni 2021 secara khusus di Amerika Serikat dalam Apple Worldwide Developers Conference (WWDC)

Adapun kehadiran kartu identitas digital itu direncanakan akan diterapkan di beberapa negara bagian seperti. Arizona, Georgia, Connecticut, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma, dan Utah.



Baca juga: Apple Music diperbaharui seiring pengembangan MacOS Monterey

Baca juga: Apple rilis pembaruan iOS perbaiki masalah panggilan

Baca juga: Kebijakan Apple halangi Netflix hadirkan game di iOS


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021