Sudin SDA Jakarta Selatan akan menutup pintu air Kali Krukut jika ketinggian air mencapai 150 sentimeter.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan menyiagakan tiga pompa air, terdiri dari dua pompa stasioner dan satu pompa mobile, untuk mengantisipaso banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Petugas Pompa Air Sudin SDA Jakarta Selatan, Syarief di lokasi, Selasa, mengatakan, satu unit pompa mobile mampu menyedot air sebanyak 250 liter per detik, sedangkan satu mesin pompa stasioner mampu menyedot air hingga 500 liter per detik.

Mobil pompa itu disiagakan di tepi Jalan Kemang Raya, dekat perempatan Jalan Prapanca Raya, sedangkan dua pompa stationer telah dipasang di pintu air Kali Krukut.

Syarif bersama dua petugas dari Sudin SDA Jakarta Selatan, juga berupaya mengeruk sampah dari beberapa lubang pengendali saluran air di Jalan Kemang Raya untuk melancarkan aliran air.

Baca juga: Banjir di Kemang Raya membuat aktivitas lalu lintas tersendat

Sudin SDA Jakarta Selatan, kata dia, akan menutup pintu air Kali Krukut jika ketinggian air mencapai 150 sentimeter guna mencegah genangan di ruas jalan.

Penyiagaan pompa dan pembersihan sampah di saluran air itu, diharapkan dapat mencegah banjir di Jalan Kemang Raya, sehingga peristiwa serupa yang terjadi pada, Senin malam, tidak terulang.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan, menyebabkan Jalan Kemang Raya, Kemang, Bangka, Mampang Prapatan, terendam banjir mencapai lebih dari setengah meter hingga membuat aktivitas lalu lintas di jalan tersebut tersendat pada Senin malam.

Genangan banjir tersebut sempat membuat arus lalu lintas dari arah Jalan Prapanca Raya ke arah Kemang Raya dan sebaliknya tidak dapat dilewati mobil.

Baca juga: Sudin SDA tambah mobil pompa atasi banjir di Kemang Raya

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021