Pada kesempatan pertama, saya akan menyambangi para 'stakeholder' untuk meminta dukungan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Salemba Jakarta Pusat yang baru Fonika Affandi menyatakan siap membangun sinergitas dengan para pemangku kepentingan, termasuk aparat penegak hukum. 

Fonika Affandi mengatakan hal itu dalam acara pisah sambut kepala Rutan Salemba, di Rutan Salemba, Jakarta, Selasa.

Fonika Affandi yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Rutan Kelas I Tangerang kini menduduki jabatan Kepala Rutan Kelas I Salemba menggantikan pejabat sebelumnya, Yohanis Varianto.

"Pada kesempatan pertama, saya akan menyambangi para 'stakeholder' untuk meminta dukungan, setelah saya mendapat amanah sebagai kepala Rutan Salemba. Sinergitas itu harus dibangun," kata Fonika.

Fonika menjelaskan, sinergitas dengan para pemangku kepentingan menjadi salah satu kunci dari tiga syarat pemasyarakatan yang maju, selain deteksi dini, dan pemberantasan terhadap narkoba.

Baca juga: Rutan Salemba gelar pembekalan pegawai untuk antisipasi kebakaran

Sebelum menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Fonika pernah menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Kepala Lapas Kelas III Cilegon, Kepala Rutan Kelas I Tanjung Pinang, dan Kepala Rutan Kelas I Tangerang. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat pada tahun 2015.

Sementara itu, pejabat sebelumnya, Yohanis Varianto menyatakan, selama satu tahun menjabat, tidak ada hal-hal terkait keamanan yang terjadi.

Yohanis selanjutnya  menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas IIB Waikabubak di Nusa Tenggara Timur.

"Karena saya sebelumnya dari daerah, kemudian saat menjabat di Rutan Salemba ini jumlah warga binaannya lebih dari 4.000 orang. Namun dengan adanya kekompakan, koordinasi bersama para petugas, tidak ada hal-hal dan gangguan yang terjadi," kata Yohanis.

Acara pisah sambut itu turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Pusat Bima Suprayoga.

Baca juga: Rutan Salemba kembali gelar sidak hunian napi jelang Natal-Tahun Baru
Baca juga: Rutan Salemba dirikan Pos Gulkarmat untuk antisipasi kebakaran

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021