akan dilakukan hingga dua minggu ke depan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara melaksanakan uji coba rekayasa lalu lintas lawan arus (contra flow) di kawasan Kelapa Gading mulai Selasa (21/12) sehubungan  adanya pekerjaan rehabilitasi polder di lokasi tersebut,

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara Harlem Simanjutak mengatakan rekayasa akan dilakukan hingga dua minggu ke depan atau berakhir pada 4 Januari 2022.

"Uji coba pengaturan lalu lintas contra flow akan dilakukan mulai tanggal 21 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022. Jika lebih lancar atau baik, akan kami pertahankan rekayasa lalu lintas ini. Setidaknya sampai pembangunan selesai," kata Harlem di Jakarta Utara, Selasa.

Harlem menambahkan adanya rehabilitasi polder di Kelapa Gading membuat pengguna kendaraan harus masuk tol di Cempaka Mas dan yang menuju arah Sunter berputar di Kodamar.

Akibatnya timbul antrean cukup panjang, baik di akses Tol Cempaka Mas ataupun sampai ke Kodamar.

"Rekayasa ini dilakukan untuk memberikan akses kendaraan menuju Tol Podomoro dan ke arah Sunter," ujar Harlem.

Harlem mengatakan selama uji coba itu, pihaknya terus melakukan evaluasi kinerja lalu lintas di Artha Gading.

"Kami juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," katanya.

Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara berencana menguji coba rekayasa lalu lintas lawan arus (contra flow) di lajur kanan Jalan Bulevard Artha Gading sisi utara menuju Jalan Raya Kelapa Nias, Kelapa Gading.

Uji coba "contra flow" diterapkan guna memberikan kenyamanan pengendara sekaligus mengurai kemacetan arus lalin.

Pengendara yang menuju Jalan Yos Sudarso, Pintu Tol Podomoro, atau Sunter dari Jalan Bulevard Artha Gading dapat melintasi "contra flow" dengan melewati Jembatan 1.

Selain menuju "contra flow", jembatan 1 ini pun difungsikan sebagai putar balik pengendara dari arah timur Jalan Bulevard Artha Gading menuju arah timur Jalan Raya Kelapa Nias.

Sedangkan untuk kendaraan dari arah Yos Sudarso menuju arah barat Jalan Bulevard Artha Gading, dapat memutar balik kendaraannya melalui Jembatan 2 yang berlokasi di depan Gedung Erha Dermacenter.

Uji coba "contra flow" dijadwalkan sementara waktu hingga Selasa (4/1) mendatang.

"Yang pasti area contra flow sepanjang 230 meter ini akan diletakkan barrier plastik dan traffic cone sebagai pembatas kendaraan yang melintas dan dipasang juga rambu-rambu serta kesigapan petugas," tutup Harlem.

Diketahui, rekayasa arus lalin diterapkan Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara dalam menyiasati arus lalin akibat adanya pembangunan Polder Artha Gading, yang berlokasi di ujung Jalan Bulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pembangunan polder yang direncanakan memakan waktu satu tahun berfungsi sebagai upaya pengendali sekaligus mencegah terjadinya banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Baca juga: Lima pompa air disiagakan untuk antisipasi banjir di kolong tol Meruya
Baca juga: Banjir surut, warga Kampung Baru Jakarta Selatan bersihkan lumpur
Baca juga: Wali Kota Jakpus perintahkan UKPD harus atasi banjir surut 6 jam

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021