Jambi (ANTARA) - Ketinggian permukaan air sungai Batanghari pada sepekan terakhir di musim hujan terus menunjukkan peningkatan di atas ketinggian normal dan berada pada level siaga tiga dengan ketinggian air 13 meter 83 centimeter.

Syahrudin petugas jaga pemantau ketinggian air Sungai Batanghari di Pos Duga Air Otomatis, Tanggorajo Kota Jambi, Selasa, membenarkan dalam sepekan terakhir ini ketinggian terus meningkat.

Ketinggian permukaan air saat ini mencapai 13,83 meter naik dibanding permukaan air sehari sebelumnya mencapai 12 meter lebih.

"Permukaan air saat ini mendekati status siaga tiga," katanya.

Baca juga: Hari keempat, Basarnas masih cari bocah tenggelam di Sungai Batanghari

Baca juga: Ikan pari air tawar seberat 250 kg terjual Rp1,5 juta


Kenaikan permukaan air agak lama karena pasang permukaan air laut tidak terlalu kuat. Apabila air laut pasang tinggi kemungkinan permukaan air Batanghari cepat naik.

"Kemungkinan permukaan air Sungai Batanghari bakal naik lagi, melebihi dari yang kemarin dan hari ini dan air ini kiriman dari hulu," kata Syaharudin.

Untuk status siaga tiga ini, sudah ada beberapa daerah di Kota Jambi yang mulai terendam banjir, seperti di daerah Kampung Baru, Sijenjang dan lainnya.

Kemarin permukaan airnya di,atas 12 meter, kadang permukaan air naik setinggi 15 centimeter, kadang 20 centimeter.*

Baca juga: Susur Sungai Batanghari meriahkan Festival Candi Muaro Jambi

Baca juga: Sungai Batanghari di Jambi Siaga II banjir

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021