Jakarta (ANTARA) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) meluncurkan 8 karya tulis ilmiah (KTI) "Dari LAN untuk Negeri" karya para pegawainya serta ASN Unggul Mobile dan Gamifikasi, yaitu aplikasi pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) berbasis digital.

"Yang diluncurkan hari ini adalah sebuah kolektif bersama (pemerintah dalam hal ini LAN dan Tonoto Foundation) karena kita bisa membangun birokrasi lebih baik lagi kalau kita bekerja sama," kata Kepala LAN Adi Suryanto saat membuka acara bincang-bincang dan peluncuran Karya Tulis Ilmiah 'Dari LAN untuk Negeri' dan ASN Unggul Mobile dan Gamifikasi di Kantor LAN, Jakarta, Rabu.

Melalui karya-karya tersebut, kata dia, LAN berdiri kokoh sebagai pionir kebaharuan dan inovasi pemerintah serta pengembangan kompetensi ASN.

Baca juga: AIPI sarankan perluasan reformasi birokrasi untuk kuatkan demokrasi

Delapan karya tulis ilmiah itu di antaranya berjudul Sistem Manajemen Kinerja ASN, Manajemen ASN Outlook, Transformasi Pengembangan Modal Insani Sektor Publik di Indonesia, dan Antologi Pengembangan Kompetensi ASN.

Ada pula Resensi Buku Administrasi Negara Kontemporer, Infografis Inovasi Manajemen ASN, Policy Brief Inovasi Administrasi Negara, dan Policy Brief The Future Leader.

Karya-karya tulis para pegawainya itu diharapkan LAN dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk menuju visi Indonesia Emas 2045 melalui penguatan aparatur sipil negara.

Menurut Deputi Bidang Kajian dan Inovasi ASN LAN, Agus Sudrajat, peluncuran itu dinamakan soft launching karena 8 karya tulis ilmiah akan diluncurkan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Namun, karya-karya tulis berbahasa Inggris masih dalam finalisasi untuk segera diluncurkan.

Baca juga: Kepala LAN: Lembaga pelatihan perlu kembangkan kompetensi digitalisasi

Kemudian terkait ASN Unggul Mobile dan Gamifikasi, Adi Suryanto, berharap aplikasi itu dapat memberikan pengalaman pengembangan kompetensi yang fleksibel, modern, berkualitas, dan menyenangkan kepada seluruh ASN di Indonesia yang disesuaikan pula dengan tantangan zaman.

Lalu, Direktur External Affairs Tanoto Foundation, Ari Gudadi, dalam sambutannya pun berharap kedua karya itu dapat berdampak positif bagi semua pihak yang berkepentingan untuk mewujudkan kebijakan publik berorientasi pada pelayanan publik.

"Karya diharapkan dapat berdampak positif bagi semua kementerian/lembaga/badan, pemerintah daerah, universitas, dan semua pihak yang berkepentingan atas terwujudnya kebijakan publik yang berorientasi pada pelayanan publik," ucap dia.

Baca juga: Kemendagri terus dorong penerapan reformasi birokrasi di daerah

Di samping peluncuran lunak (soft launching) tersebut, acara dilanjutkan dengan gelar wicara untuk membedah tiga karya tulis ilmiah, yakni "Sistem Manajemen Kinerja ASN", "Manajemen ASN Outlook", dan "Transformasi Pengembangan Modal Insani Sektor Publik di Indonesia".

Ada tiga narasumber yang dihadirkan untuk membedah masing-masing karya tulis ilmiah tersebut. Mereka adalah Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara, Sri Hadiati W K, Presiden Direktur Center of Election and Political Party Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Chusnul Mariyah, dan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Nurliah Nurdin.

Ketiga narasumber yang merupakan wanita itu juga menjadi wujud apresiasi serta penghormatan LAN kepada para ibu di Indonesia memperingati Hari Ibu 22 Desember 2021.

Baca juga: Mahfud ingatkan gubernur untuk membina reformasi birokrasi di daerah

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021