Jakarta (ANTARA) - Operator seluler 3 (tri) mempersiapkan jaringan seluler menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, terutama di pusat keramaian.

"Tim kami akan terus memastikan layanan komunikasi berjalan lancar untuk seluruh pelanggan, termasuk pelanggan kami di sektor bisnis. Baru-baru ini, kami telah meningkatkan kapasitas jaringan di ribuan site untuk memberikan kecepatan data dan akses internet yang lebih cepat," kata Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung, dalam siaran pers, dikutip Rabu.

Baca juga: Kominfo minta operator seluler optimalkan jaringan untuk PON XX Papua

Mereka memperkirakan pusat keramaian akan berada di kawasan pemukiman dan beberapa ruas jalan tol, oleh karena itu mereka meningkatkan kualitas jaringan di titik-titik tersebut.

Operator seluler tersebut juga mengerahkan armada mobile cells on wheels (CoW) di jalan tol di Bandung, Purwokerto, Pemalang, Banguntapan, Kartasura, jalur Surabaya - Gempol, jalur tol SUMO (Sumput – Gresik) dan Jembatan Suramadu.

Operator 3 juga menambah mobile base transceiver station terutama di di area yang memiliki lalu lintas data tinggi.

3 memperkirakan trafik data akan meningkat, lebih besar dibandingkan musim liburan tahun lalu.

Perusahaan tersebut sudah memperluas jangkauan di 70 desa dan kabupaten di Indonesia. Semua situs tempat mereka beroperasi sudah dilengkapi dengan baterai dan generator cadangan untuk antisipasi jika ada pemadaman listrik.

Mereka juga melakukan pemutakhiran pusat data (data center) menjadi data center Tier-3.

Baca juga: Matikan jaringan 3G, operator seluler berikan ponsel ke konsumen

Baca juga: Pemerintah dorong operator seluler uji coba 5G

Baca juga: Menkominfo minta operator seluler persiapkan matang 5G

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021