Jakarta (ANTARA) - Perayaan Natal kurang lengkap tanpa adanya hidangan lezat yang tersedia di meja makan. Setiap keluarga tentu memiliki menu favoritnya, tapi ada beberapa makanan yang tidak pernah absen disajikan.

Indonesia yang terdiri dari beragam suku, memiliki makanan khas masing-masing. Rasanya pun beragam mulai yang bercita rasa manis hingga pedas.

Makanan-makanan ini biasanya selalu hadir pada hari istimewa khususnya Natal. Berikut adalah beberapa makanan khas Indonesia yang disajikan saat perayaan Natal.

Ayam kodok

Hidangan ini tidak pernah absen disajikan saat Natal. Ayam kodok sendiri berupa ayam utuh atau satu ekor yang isi jeroannya sudah dikeluarkan.

Kemudian, daging sapi yang telah diolah dan diberi bumbu, dimasukkan ke dalam ayam yang masih utuh. Ayam tersebut kemudian disajikan pada nampan atau piring besar ditambah dengan garnisnya.

Baca juga: Sate ayam dalam hidangan Natal di Inggris

Baca juga: Hidangan wajib Julia Roberts saat Natal


Sup brenebon

Berasal dari Manado, sup ini terdiri dari kacang merah, iga sapi dan sayur-sayuran. Menu berkuat ini merupakan sajian yang pas di malam Natal dan dapat menambah kehangatan keluarga.

Klapertart

Masih dari Manado, kue manis yang terbuat dari kelapa, telur, tepung, susu dan mentega ini bisa dibilang tidak pernah absen saat Natal. Tak hanya orang Manado saja yang menyuguhkan kue ini, banyak masyarakat Indonesia yang menyediakan klapertart sebagai menu hidangan Natal di rumah.

Babi panggang karo

Menu ini wajib hadir bagi masyarakat Sumatra Utara yang merayakan Natal. Babi panggang karo merupakan daging babi yang dipanggang garing lalu ditambah dengan bumbu pendamping seperti bawang putih, daun serai, kecap manis dan sambal khusus.

Ikan arsik

Ini juga merupakan menu wajib saat Natal bagi masyarakat Sumatra Utara. Ikan yang digunakan biasanya berupa ikan mas dipadu denhan bumbu seperti asam patikala, bunga kecombrang, dan lokio. Agar semakin lezat, ditambahkan juga sambal andaliman yang pedas.

Selat solo

Ini adalah menu khas dari Jawa yang terpengaruh masakan Eropa dan berasal dari Solo. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dengan kuah yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, air dan dibumbui dengan pala dan merica.

Selat solo kemudian disajikan bersama telur rebus dan sayuran seperti kacang-kacangan, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, dan sedikit mustard atau mayones ditambahkan di sampingnya.

Ikan kuah kuning

Menu ini wajib ada dalam perayaan Natal masyarakat Ambon. Ikan yang digunakan biasanya berupa tongkol kemudian dimasak dengan campuran bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit.

Baca juga: Hidangan khas Natal di seluruh dunia, ayam goreng hingga bibingka

Baca juga: Tips agar tetap sehat saat Natal

Baca juga: Tips nikmati hidangan Natal tapi tetap sehat

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021