Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kampung Rambutan mencatat kenaikan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 10 persen menjelang libur Natal dan Tahun Baru dibandingkan hari sebelumnya.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan peningkatan keberangkatan penumpang bus AKAP sudah terjadi sejak tiga hari belakangan ini.

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan berangkatkan 300 penumpang saat PPKM

"Untuk peningkatan memang ada sedikit peningkatan didominasi tujuan Sumatera. Peningkatan kurang lebih ada sekitar 10 persen," kata Yulza Ramadhoni di Jakarta, Rabu.

Yulza menambahkan saat ini per harinya sebanyak 700 penumpang bus AKAP diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Untuk puncaknya belum bisa diprediksi karena kondisi masih pandemi. Walaupun masyarakat diperbolehkan berpergian dengan protokol kesehatan ketat," ujar Yulza.

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan sepi penumpang jelang Idul Adha

Yulza mengatakan bagi penumpang bus AKAP yang akan berpergian dikenakan sejumlah syarat perjalanan seperti wajib vaksinasi COVID-19 hingga menunjukkan bukti negatif tes antigen.

Dia menuturkan bahwa pengelola Terminal Kampung Rambutan juga menyediakan layanan tes usap antigen di lokasi bagi penumpang yang belum sempat melakukan tes.

"Kita juga belum ada penambahan bus karena armada masih mencukupi untuk mengangkut penumpang," tutur Yulza Ramadhoni.

Baca juga: 2.610 warga telah ikuti vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021