Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mengalirkan listrik bagi sebanyak 96 Kepala Keluarga (KK) di Desa Komodo yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

"96 KK di Desa Komodo ini merupakan keluarga pra-sejahtera yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik gratis," kata General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan upaya melistriki desa di wilayah terpencil merupakan bentuk dukungan PLN terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi dan mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat.

Baca juga: PLN siagakan 48.179 personel saat Natal dan Tahun Baru

Di sisi lain, kata dia, Desa Komodo di Pulau Komodo merupakan desa yang strategis dan berperan penting karena berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang merupakan destinasi wisata dunia yang terkenal sebagai habitat satwa purba Komodo (varanus ​​​​k​​​omodoensis).

Dengan masuknya listrik PLN ini, Jatmiko berharap berbagai sektor pembangunan di desa setempat dapat berkembang dengan cepat seiring dengan bertumbuh pesatnya pariwisata di daerah itu.

"Salah satunya sektor ekonomi kreatif di Desa Komodo diharapkan bisa berkembang pesat dengan adanya listrik PLN," katanya.

Jatmiko juga berharap dengan penerangan listrik PLN membuat anak-anak atau pelajar di desa itu optimal sehingga bisa tumbuh sebagai generasi yang unggul dan berprestasi.

Sementara itu, Kepala Desa Komodo, H. Aksan menyampaikan apresiasi kepada pihak PLN yang telah menghadirkan listrik untuk menjawab kerinduan masyarakatnya untuk menikmati pasokan listrik yang memadai.

Baca juga: PLN NTT: 1.899 KK dapat sambungan listrik gratis hingga Desember 2021

"Kami mengapresiasi komitmen PLN untuk hadir melistriki masyarakat hingga ke pelosok daerah termasuk daerah kepulauan yang aksesnya lebih sulit," katanya.

Aksan mengatakan telah meminta masyarakatnya agar bisa memanfaatkan listrik secara optimal untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat agar menjaga aset PLN di lingkungan sekitar agar manfaat listrik dapat dinikmati secara berkelanjutan.

Baca juga: PLN majukan pertanian di Kabupaten Bangli agar ekonomi Bali bangkit

Baca juga: PLN prediksi beban puncak listrik di Jakarta naik 4 persen saat Natal

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021