kehadiran Teman Bus di Banjarmasin atau Trans Banjarbakula ini mampu mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas serta kualitas udara di Banjarmasin menjadi lebih baik
Banjarmasin (ANTARA) - Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Teman Bus  (Transportasi Ekonomis Mudah Andal dan Nyaman), yakni program pengembangan angkutan massal berbasis jalan di kawasan perkotaan dengan skema pembelian layanan Buy the Service (BTS) untuk Banjarbakula di Provinsi Kalimantan Selatan.

Peluncuran Teman Bus dilaksanakan di Terminal Tipe A Gambut Barakat di Jalan A. Yani KM 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu.

Banjarbakula merupakan konsep Kota Metropolitan di Provinsi Kalsel yang meliputi 2 kota dan 3 kabupaten, yakni, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub RI, Suharto mengatakan, rencananya 75 unit Teman Bus didistribusikan Kemenhub secara bertahap untuk Banjarbakula Kalsel.

"Ini untuk memenuhi layanan transportasi massal sebanyak 4 koridor di Provinsi Kalsel ini," ujarnya.

Menurut dia, angkutan moda yang dijalankan oleh operator tersebut, layanan dan fasilitasnya menggunakan teknologi telematika yang andal dan berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi masyarakat Indonesia.
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto saat meresmikan peluncuran TEMAN BUS untuk Banjarbakula di Terminal Tipe A di Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu (22/12/2021). ANTARA/Sukarli/am.


Peluncuran Teman Bus sejak 2020, ucap Suharto, sudah sukses di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu, Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan, Makassar dan Banyumas. Pada tahun ini di Kota Banjarmasin atau Banjarbakula.

"Saya optimis kehadiran Teman Bus di Banjarmasin atau Trans Banjarbakula ini mampu mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas serta kualitas udara di Banjarmasin menjadi lebih baik sehingga diharapkan dukungan masyarakat untuk memaksimalkan angkutan umum massal ini," ujarnya.

Karena, lanjut dia, konsep BTS ini berbasis aplikasi ini didukung oleh manajemen pengelola dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi yang meliputi: sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem Pengelolaan Keuangan dan sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time untuk menuju angkutan umum yang lebih profesional.

Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor yang secara resmi meluncurkan Teman Bus tersebut menyatakan sangat apresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub yang memberikan perhatian bagi pelayanan transportasi massal di provinsinya.

"Saya sangat bersyukur atas sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Mudah-mudahan sinergitas ini akan semakin bertambah, sehingga lebih memberikan apa yang dicita-citakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan," ujarnya.

Adapun empat rute yang dilayani TEMAN BUS ini adalah Koridor 1 Terminal Gambut Barakat KM 17 - Simpang Empat, Koridor 2 Terminal Gambut Barakat KM 17 - Taman Siring KM 0, Koridor 3 Terminal Induk KM 6 - Handil Bakti dan Koridor 4 Terminal Gambut Barakat KM 17 - Simpang 3 Bentok.


Baca juga: Teman Bus Trans Mamminasata resmi beroperasi di Makassar
Baca juga: Kemenhub resmikan operasional Teman Bus Trans Banyumas
Baca juga: Kemenhub akan perluas layanan Teman Bus di 11 kota
​​​​​

Pewarta: Sukarli
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021