Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan kaum perempuan Indonesia memainkan peran yang strategis dalam mencapai Indonesia maju.

"Partisipasi kaum perempuan Indonesia secara penuh dan setara dengan laki laki sangat penting dalam mencapai Indonesia maju," kata Menteri Bintang dalam acara Peringatan Hari Ibu Mitra Seni Indonesia (MSI) 2021 dengan tema Peran Perempuan Indonesia dari Masa ke Masa secara virtual di Jakarta, Rabu.

Meski tantangan datang silih berganti, perempuan Indonesia tetap mampu menyelamatkan negara dari berbagai kesulitan, yang mana usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dimiliki perempuan Indonesia mampu menjaga perekonomian di Indonesia tetap stabil dan bertahan.

Pada saat ini juga, menurut Menteri PPPA, UMKM yang dikelola kaum perempuan dapat menjadi harapan bersama untuk lepas dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Menteri: Perempuan berdaya berdampak dan menjadi inspirasi

Menteri Bintang mengatakan kaum perempuan tidak hanya sebagai penyelamat ekonomi bangsa, namun perempuan juga mempunyai kekuatan di berbagai bidang profesi.

Oleh karena itu, peringatan Hari Ibu pada 22 Desember merupakan momentum mengenang perjuangan perempuan Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak dan persamaan derajat dalam Kongres Perempuan Pertama di Yogyakarta.

Menteri PPPA juga mengapresiasi Mitra Seni Indonesia (MSI)  atas berbagai upaya dalam menguatkan jati diri perempuan Indonesia khususnya melalui pelestarian seni dan budaya di Indonesia.

MSI merupakan suatu perkumpulan sosial, nirlaba dan non politik beranggotakan lebih dari 882 orang yang hampir 97 persen anggotanya adalah perempuan dengan latar belakang berbagai profesi bersatu untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya Indonesia. 
 
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2021