Penumpang bus di terminal Lebak Bulus pada H-3 Natal ada peningkatan ekitar 20 persen
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Lebak Bulus Jakarta Selatan mencatat peningkatan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sebanyak 20 persen menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Kepala Satuan Pelaksana Terminal Lebak Bulus Hernanto Setiawan, di Terminal Lebak Bulus, Jakarta, Rabu, mengatakan, peningkatan jumlah penumpang itu tercatat pada hari ini atau tiga hari menjelang hari Natal 2021.

"Penumpang bus di terminal Lebak Bulus pada H-3 Natal ada peningkatan ekitar 20 persen. Kalau sebelumnya,  ada sekitar 100 penumpang per hari, pada Rabu hari ini meningkat menjadi sekitar 120 penumpang," katanya.

Menurut Hermanto, peningkatan penumpang juga tercatat pada Sabtu dan Minggu (17-18/12) yakni mencapai 200 penumpang.

Baca juga: Penumpang di Terminal Lebak Bulus belum meningkat saat PPKM Level 1

Hermanto memprediksi jumlah penumpang ini bakal meningkat lagi pada hari Natal dan Tahun Baru 2022 yakni mencapai lebih dari 200 penumpang yang diberangkatkan.

"Pada Natal dan Tahun Baru ini, kita prediksi jumlah penumpang harian bisa mencapai 150-an orang, sedangkan akhir pekan bisa mencapai 250 orang. Tahun lalu, bisa sampai 300 orang pada akhir pekan," tutur dia.

Tujuan penumpang yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus, kata dia, umumnya adalag tujuan ke Jawa, seperti ke Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Kudus, Jepara, Surabaya, Malang, dan Kediri.

"Paling banyak ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau ke Sumatera ada juga ke kota Padang," ungkapnya.

Untuk mencegah potensi penyebaran COVID-19, pengelola terminal mengingatkan para calon penumpang yang hendak bepergian wajib menjalani vaksinasi dan menunjukkan hasil negatif tes antigen yang berlaku 1x24 jam.

Petugas akan melakukan pengecekan protokol kesehatan, mulai dari masker, bukti vaksinasi lengkap melalui aplikasi PeduliLindungi hingga bukti tes Antigen.

Baca juga: Terminal Lebak Bulus antisipasi lonjakan jumlah penumpang

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021