tiga kecamatan ini termasuk daerah yang dipetakan rawan banjir dan tanah longsor
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengingatkan warga tiga kecamatan meliputi Ulu Ogan, Muara Jaya dan Lengkiti, waspada terhadap banjir dan tanah longsor yang dapat terjadi saat musim hujan.

"Karena tiga kecamatan ini termasuk daerah yang dipetakan rawan banjir dan tanah longsor," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, OKU, Rabu.

Apalagi, kata dia, berdasarkan peringatan dini dari BMKG, potensi hujan lebat masih akan terjadi di tiga kecamatan itu selama beberapa hari ke depan.

Baca juga: Ratusan rumah warga Desa Kepayang OKU diterjang banjir

Hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan dampak bencana banjir dan tanah longsor sehingga masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan agar tidak ada korban jiwa.

Terkait hal itu pihaknya telah melayangkan surat imbauan kepada aparat kecamatan masing-masing agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin.

BPBD OKU juga telah mengaktifkan seluruh posko bencana banjir dan tanah longsor mulai dari tingkat desa hingga kecamatan yang ada di Kabupaten OKU.

Baca juga: Dua desa di Kabupaten OKU Sumsel dilanda banjir

Baca juga: 632 rumah warga di OKU Sumsel diterjang banjir


Dia menjelaskan di setiap posko banjir dan tanah longsor ini disiagakan personel BPBD OKU dibantu tim relawan yang bertugas memantau situasi terkini di daerah rawan bencana.

Tim yang disiagakan itu bertugas melakukan patroli ke wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi bencana alam agar peristiwa banjir dan tanah longsor dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Untuk peralatan penanggulangan bencana semuanya sudah disiapkan di posko induk BPBD OKU," ujarnya.

Baca juga: Dua jembatan gantung yang putus akibat banjir selesai diperbaiki

Baca juga: BMKG Konawe Selatan prediksi curah hujan bulanan di atas normal

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021