sayuran, makanan baik itu dari UMKM, pertanian dari peternakan kita tes semua
Jakarta (ANTARA) - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memberi jaminan bahan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat aman dari zat berbahaya.

Jaminan ini disampaikan  Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, saat meninjau pemeriksaan bahan makanan di Primo Cilandak Town Square, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu.

"Ini merupakan kegiatan rutin tahunan di setiap perayaan hari besar. Kita mau menjamin apa yang dikonsumsi dan dimakan oleh masyarakat kita bener-bener makanannya yang aman. Aman dari pestisida, formalin, dan sebagainya,” kata Munjirin, Rabu.

Adapun kegiatan tersebut melibatkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan serta BPOM Jakarta.

Munjirin menuturkan dalam pemeriksaan itu, pihaknya mengecek sejumlah sampel makanan untuk mengetahui apakah ada kandungan zat yang disebutkan.

"Kita tes hari ini baik sayuran, makanan baik itu dari UMKM, pertanian dari peternakan kita tes semua," tuturnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok menjelaskan, sebanyak 63 sampel produk dicek ke Laboratorium Mobile yang disediakan BPOM Jakarta, Dinas, dan Sudin KPKP Jakarta Selatan.

"Untuk KPKP sendiri mengambil 15 sampel yang terbagi dalam tiga komoditi. Untuk pertanian 25 sampel, peternakan tujuh, perikanan tujuh," ungkap dia.

Adapun parameter uji produk peternakan dan perikanan meliputi uji kebusukan, uji formalin, dan secara pancaindera.

Sementara produk perikanan Suku Dinas melihat apakah ada kandungan rhodamine, formalin di dalam produk tersebut.

Lebih rinci Hasudungan mengatakan sejumlah produk yang dicek meliputi daging ayam, makanan olahan, ikan asin, ikan segar, cumi, sayuran, kerupuk, dan cabai.

"Hasilnya sementara bagus tidak ada yang mencurigakan. Tapi tadi kita temukan ada ikan asin sepat yang sudah berjamur dan sudah kita tarik," kata dia.
Baca juga: Tujuh hidangan Natal khas keluarga Indonesia
Baca juga: Menag: Natal menggerakan persaudaraan, perkuat persatuan dan kesatuan
Baca juga: Jelang Natal penumpang di Terminal Lebak Bulus meningkat 20 persen

 

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021