tidak mudah untuk mengajak lansia bervaksin
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi mengatakan, selama sepekan ini animo masyarakat datang untuk divaksin menurun.

Pasalnya, kata dia di Banjarmasin, Rabu, rata-rata tempat pelayanan vaksinasi COVID-19, seperti di Puskesmas tidak mencapai target minimal 100 orang per harinya datang untuk divaksin.

"Kami tidak mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Apakah karena kasus kita yang nol, sehingga menganggap divaksin itu tidak perlu, atau bagaimana kami tidak tahu," ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, dengan kondisi saat ini, maka persentase pencapaian target vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin tidak naik signifikan, masih di angka 73,09 persen untuk suntik dosis pertama.

Padahal, lanjut dia, target vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin bisa mencapai 80 persen hingga akhir tahun dari target sasaran sebanyak 656 ribu.

Baca juga: Banjarmasin tetapkan malam tahun baru tempat hiburan malam tutup
Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Banjarmasin capai 72 persen

Karenanya pihaknya terus berupaya dibantu TNI-POLRI untuk meningkatkan capaian vaksinasi per harinya lewat beragam cara, baik secara rumah ke rumah, bahkan hingga ada bantuan sembako.

Menurut dia, salah satunya upayanya lagi dengan membuka posko vaksinasi pada 24 Desember 2021 di Jalan A Yani KM 2, Banjarmasin Tengah, sekalian posko pengawasan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Moga dengan gerakan-gerakan ini, animo masyarakat kembali tumbuh, hingga target pembentukan herd immunity bisa dicapai akhir tahun," tutur Machli Riyadi.

Dia pun menyampaikan, yang terus diperjuangkan saat ini adalah peningkatan capaian vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia), di mana baru mencapai sekitar 37 persen dari target sebanyak 45 ribu.

"Memang tidak mudah untuk mengajak lansia bervaksin, tapi terus kita sosialisasi kepada mereka," ujarnya.

Sejauh ini, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin terus turun, bahkan dari data Dinkes Kalsel hingga hari ini tinggal 3 kasus aktif COVID-19 di Kota Banjarmasin.

Sejauh ini, total kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 15.874 dan yang telah sembuh sebanyak 15.327 dan meninggal dunia sebanyak 544 orang.

Baca juga: Banjarmasin sudah berstatus PPKM level 3
Baca juga: Kadinkes Banjarmasin: Kasus aktif COVID-19 kini hanya hitungan jari
Baca juga: Banjarmasin percepat vaksinasi, targetkan 70 persen pada HKN

 

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021