Jakarta (ANTARA) - Chelsea dan Tottenham Hotspur melangkah ke semifinal Piala Liga setelah mengalahkan lawan masing-masing dalam dua Derbi London yang berlangsung di babak perempat final pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kelolosan Chelsea dan Tottenham menghadirkan dominasi klub-klub London di babak semifinal Piala Liga musim ini, mengingat Arsenal sudah lebih dulu menyingkirkan klub kasta ketiga Sunderland sehari yang lalu, demikian catatan laman resmi EFL.

Chelsea lolos ke semifinal setelah mengalahkan Brentford 2-0 dalam lawatan ke Stadion Brentford Community, dalam pertandingan yang diwarnai sebuah gol bunuh diri dari bek tuan rumah Pontus Jansson.

Gol bunuh diri itu tercipta memecahkan kebuntuan pada menit ke-80 saat Jansson berusaha menyapu bola umpan tarik berbahaya yang dikirimkan oleh Reece James dari area sayap kanan.

Chelsea yang memang tampak lebih menguasai pertandingan kemudian memperoleh hadiah tendangan penalti beberapa menit kemudian lantaran Christian Pulisic dijatuhkan oleh kiper Alvaro Fernandez.

Jorginho yang jadi algojo dengan dingin menyajikan eksekusi penalti khasnya sebelum memperdaya Fernandez dan mengunci kemenangan 2-0 bagi Chelsea.

Baca juga: Eddie Nketiah antarkan Arsenal ke semifinal Piala Liga

Dalam Derbi London perempat final lainnya yang digelar di Stadion Tottenham Hotspur, tuan rumah melangkah ke semifinal dengan kemenangan 2-1 atas West Ham United.

Ketiga gol dalam pertandingan itu tercipta hanya dalam kurun waktu lima menit, diawali pembuka keunggulan Tottenham yang dicetak Steven Bergwijn pada menit ke-29 memanfaatkan umpan Pierre-Emile Hojbjerg.

Tiga menit kemudian West Ham membalas lewat kesigapan Jarrod Bowen mengamankan bola tembakan melebar Nikola Vlasic sebelum melepaskan sepakan menyilang ke gawang tuan rumah.

Namun, Tottenham segera merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-34 ketika Lucas Moura menyambut umpan tarik kiriman Bergwijn dengan penyelesaian sempurna.

West Ham sebetulnya memiliki beberapa kesempatan untuk menyamakan kedudukan lagi, termasuk pada menit ketiga injury time saat umpan silang Andriy Yarmolenko nyaris berbuah gol bila saja tak berakhir mendarat di atas mistar gawang.

Baca juga: Tersingkir dari Liga Conference, Spurs siap ajukan banding ke UEFA
Baca juga: Tuchel pusing banyak pemain Chelsea cedera dan terkena COVID-19

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021