Jakarta (ANTARA) - Lionsgate telah mengumumkan bahwa "John Wick: Chapter 4" akan mundur tayang hingga 24 Maret 2023, dilansir Variety.

Film aksi yang dibintangi oleh Keanu Reeves ini, awalnya dijadwalkan rilis pada 27 Mei 2022. Kini "John Wick: Chapter 4" terpaksa mundur hingga satu tahun.

Disutradarai Chad Stahelski, bab keempat dalam kisah "John Wick" dibintangi oleh Reeves, Donnie Yen, Laurence Fishburne, Lance Reddick, Bill Skarsgård, Rina Sawayama, Shamier Anderson, dan Ian McShane.

Michael Finch dan Shay Hatten menulis skenario dengan Stahelski, Basil Iwanyk dan Erica Lee sebagai produser dan Reeves dan Louise Rosner sebagai produser eksekutif.

Baca juga: "John Wick 4" hingga "Knives Out 2" mulai diproduksi

Waralaba "John Wick" telah menjaring lebih dari 584,9 juta dolar AS di box office di seluruh dunia, dengan "Chapter 3 - Parabellum" menghasilkan 327 juta dolar di seluruh dunia.

Pada bulan September, "Top Gun: Maverick" memundurkan rilis yang telah lama ditunggu-tunggu menjadi 27 Mei 2022. Perpindahan ini membuat film waralaba Tom Cruise lainnya "Mission Impossible 7" beralih ke 30 September 2022.

Dengan "John Wick 4" pindah ke Maret 2023, kompetisi akhir pekan pembukaan film aksi saat ini adalah film biografi George Foreman dari Sony yang belum diberi judul.

Berita tentang penundaan "John Wick" datang ketika Reeves merayakan perilisan bab keempat dari seri "The Matrix", salah satu waralaba paling ikonik dari bintang film itu.

"The Matrix Resurrections" diluncurkan di bioskop dan mulai streaming di HBO Max pada hari Rabu. Pada satu titik, "The Matrix Resurrections" dan "John Wick 4" dijadwalkan tiba di bioskop pada hari yang sama yakni 21 Mei 2021, sebelum "Matrix" pindah ke Desember setelah COVID-19 memengaruhi jadwal produksi.

Pembuatan film "John Wick 4" dimulai pada Juni 2021, setelah Reeves menyelesaikan kepulangannya sebagai Neo dalam sekuel "Matrix" karya Lana Wachowski.

Baca juga: "John Wick 3" hingga "Paddington 2" hadir di Lionsgate Play

Baca juga: Keanu Reeves bagikan jam tangan Rolex untuk kru "John Wick: Bab 4"

Baca juga: Mel Gibson akan bintangi prekuel "John Wick"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021