Jakarta (ANTARA) - ​​​​LG Electronics, yang merealisasikan transmisi data nirkabel 6G pertama di Jerman pada Agustus lalu, akan mendemonstrasikan teknologi tersebut dalam sebuah pameran di Korea Selatan dalam rangka memajukan operasi robotika dan sistem otonom yang mulus di masa depan.

Dikutip Pulse, Kamis, LG Electronics mengatakan bahwa mereka akan menunjukkan pencapaian utama dari penelitian dan pengembangan pada transmisi/penerimaan nirkabel 6G selama Pameran Sains & Teknologi Korea 2021 di KINTEX di Ilsan yang berlangsung pada 22-24 Desember.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Sains dan Teknologi Informasi Komunikasi Korea Selatan serta dikelola oleh National Research Foundation of Korea dan Korea Foundation.

Baca juga: LG Electronics pindahkan 2 lini produksi tv dari Korea ke RI

Selama acara tersebut, LG Electronics akan memperkenalkan perangkat penguat daya, yang dikembangkan bersama dengan organisasi penelitian berorientasi aplikasi Fraunhofer Jerman.

Dengan menggunakan power amplifier ini, LG Electronics berhasil mendemonstrasikan transmisi dan penerimaan data 6G terahertz (THz) nirkabel pada jarak lebih dari 100 meter dalam suasana luar ruangan di Berlin, Jerman pada Agustus lalu.

Pita ultra lebar seperti 6G THz memiliki jangkauan frekuensi yang pendek dan kehilangan daya yang parah dalam proses transmisi/penerimaan antena, yang dapat diatasi dengan penguat daya.

LG Electronics, bersama dengan produsen peralatan pengukuran dan pengujian komunikasi nirkabel global Keysight Technologies, juga akan mendemonstrasikan teknologi beamforming adaptif yang mengubah arah sinar sesuai dengan perubahan saluran dan posisi penerima.

Keysight yang menandatangani MOU dengan LG Electronics dan KAIST untuk kerja sama dalam pengembangan dan pengujian teknologi inti 6G telah menyediakan peralatan uji untuk LG-KAIST 6G Research Center.

Komunikasi seluler 6G diharapkan akan tersedia pada 2029, dimulai dengan diskusi tentang standarisasi industri sekitar 2025.

Baca juga: LG perkenalkan detektor sinar-X digital yang dilengkapi AI

Baca juga: LG Electronics tutup unit bisnis seluler

Baca juga: LG bakal jual bisnis smartphone ke konglomerat Vietnam?

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021