Jakarta (ANTARA News) - Berikut adalah para pemain Barcelona yang akan berlaga melawan Manchester United pada final Liga Champion di Stadion Wembley, Sabtu pekan ini.

Penjaga Gawang

1- Victor Valdes (29) - Salah satu delapan pemain asli jebolan Akademi La Masia Barcelona yang kemungkinan besar diturunkan sejak awal.

Sebagai salah satu bagian kunci permainan Barca dan penahan bola yang piawai, dia hanya kebobolan 16 gol dari 32 laga di liga musim ini.

31- Ruben Mino (22) - Pemain cadangan penting, terkenal karena kemampuannya dalam penyelamatan bola dalam drama adu penalti.  Dia akan duduk di bangku cadangan di Wembley berkat Jose Manuel Pinto yang terkena larangan bermain lantaran berkelahi pada semifinal putaran pertama melawan Real Madrid.

Pemain Belakang

5- Carlos Puyol (32) - Kapten berambut jabrik yang disucikan ini dicintai penggemar karena gairah dan komitmennya, serta bisa menjadi pemain kunci. Jarang bermain pada babak kedua musim ini dengan cedera tapi akan kembali di final.

3- Gerrard Pique (24) -  Produk asli akademi Barcelona lainnya yang menghabiskan tiga tahun di Manchester United dan setahun di Real Zaragoza sebelum kembali ke Barca. Penampilan apik sebagai bek tengah membuatnya menjadi pilihan klub sekaligus tim nasional Spanyol.

2- Daniel Alves (28) - Pemain energik asal Brasil yang tidak bisa tampil di final Liga Champions 2009 karena diskors adalah elemen berbahaya dari serangan Barca yang menjadi senjata mematikan bersama Lionel Messi.

22- Eric Abidal (31) - Tanda tanya masih meliputi pemain asal Perancis itu karena belum sembuh total setelah  operasi tumor hati Maret lalu. Memiliki musim yang hebat sebelum operasi, tenang dan solid dalam bertahan, serta mematikan dalam menyerang.

19- Maxwell (29) - Jarang bermain musim ini tapi dia adalah pemain yang bisa diandalkan dalam menopang barisan pertahanan. Pemain asal Brasil itu tidak selincah Abidal atau Alves dan kurang berbahaya dalam menyerang.

21- Adriano (26) - Pemain serbaguna yang mengisi posisi Abidal dan bisa membuat kelemahan United terekspos jika diturunkan sebagai salah satu dari "starting 11."

Pemain Tengah

6- Xavi (31) - Tumpuan yang kreatidf bagi kebanyakan permainan menyerang Barca.  Kemampuan United dalam mengganggu ritme pergerakannya dan melemahkan posisinya akan menjadi kunci kesuksesan United.

8- Andres Ineasta (27) - Barca tidak akan bisa menjadi kekuatan menyerang yang menakutkan jika Ineasta tidak hadir. Mencetak gol ketika melawan Chelsea dan membawa Barca ke final 2009 serta mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010.

15- Seydou Keita (31) - Sosok yang kokoh di sektor tengah, pemain Mali itu kerap mencetak gol-gol penting.

28-Sergio Busquets (22) - Anak dari mantan penjaga gawang Barcelona Carles Busquets ini, adalah pemain yang memiliki sentuhan bola yang bagus sehingga menambah deretan bagus gelandang Barca.  Kegemarannya untuk gampang menjatuhkan diri demi mendapatkan tendangan bebas telah membuatnya agak dibenci para pemain di luar Catalunya (Barca).

14- Javier Mascherano, 26. 'El-Jefecito' (Little Chief) perlu waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan Barca tapi perlahan tumbuh untuk tampil apik dengan menggantikan pemain cedera sebagai gelandang dan bek.  Dia adalah seorang pemain pengganti yang sarat pengalaman dan bertipe menyerang ketika dibutuhkan.

Penyerang

10- Lionel Messi (23) - Dengan torehan 11 gol pada Liga Champion musim ini dan dengan total 52 gol di semua kompetisi, Pemain Terbaik Dunia itu sangatlah menarik.  Ketika dia tidak mencetak go, dia akan memberikannya kepada pemain lain.  Oleh karena itu, menahan laju pergerakannya saat membawa bola adalah hal penting yang dilakukan lawannya.

7- David Villa (29) - Beradaptasi dengan cepat bersama Barcelona dan dikonversinya menjadi 18 gol tapi sulit baginya untuk kembali. Dan tak kenal lelah dari sayap kiri, di mana
dia bisa memanfaatkan garis off side, dia akan membuka baris United.

20- Ibrahim Afellay (25) - Seorang pemain sayap cerdik dan cepat selalu menjadi pengganti sejak bergabung dari PSV Eindhoven Januari lalu.

17-Pedro (23) - Pencetak gol terbanyak kedua Barca di Eropa dengan empat gol, pemain ini sedang berjuang keras untuk pulih dari cedera. Seperti Villa, dia sulit mencetak gol akhir-akhir ini tapi dia akan terus bekerja tanpa lelah, berlari dan membantu pertahanan.

11- Bojan Krkic (20) -  Kecepatannya dan kecerdikannya adalah aset berharga saat keluar dari bangku cadangan, tapi dia hanya bermain 60 menit di Eropa musim ini.  (*)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011