Sleman (ANTARA) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mendorong para ibu untuk menjadi teladan dalam mematuhi protokol kesehatan guna menekan risiko penularan virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, termasuk varian virus yang disebut Omicron.

Ketua Kowani Giwo Rubianto mengatakan bahwa sebagai pendidik utama dan pertama, para ibu harus bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anak dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Artinya harus jaga protokol kesehatan dengan 3M, menghindari kerumunan, dan juga harus melaksanakan vaksinasi," katanya di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Giwo mengutip hasil Kongres Wanita Indonesia kedua yang menyebutkan bahwa para ibu harus memiliki karakter baik dan mencontohkan hal-hal baik kepada generasi penerus.

"Jadi bukan hanya menjaga di lingkungan keluarga dan lingkungannya," kata dia.

Selain disiplin menjalankan protokol kesehatan, ia mengemukakan, para ibu bisa mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dengan membantu pelaksanaan pelacakan kasus dan pemeriksaan COVID-19 serta mengampanyekan program vaksinasi.

Ia menekankan bahwa para ibu harus aktif mendukung pelaksanaan program vaksinasi guna mengendalikan penularan COVID-19.

"Kita harus memiliki strategi, action (aksi) juga. Kita juga harus berpikir secara out of the box (di luar kotak). Dan apa yang kita lakukan itu akan ditiru anak-anak kita dan generasi penerus kita," demikian Giwo Rubianto.

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Baca juga:
Satuan Tugas: Protokol kesehatan belum dipatuhi di ribuan desa dan kelurahan
PDIB: Protokol kesehatan bisa cegah Indonesia masuki kondisi krisis akibat COVID-19

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021